Diterbitkan 11 Sep 2023

Darurat Listrik Saat Rekreasi? Genset Mini Solusinya!

Teknologi
genset mini

Genset (standby generator) merupakan sumber tegangan pengganti listrik yang dapat digunakan saat terjadi pemutusan aliran listrik. Genset memiliki berbagai daya yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan.

Apa saja fungsi genset mini

Listrik merupakan salah satu sumber energi yang diperlukan oleh manusia. Tanpa adanya daya listrik, aktivitas bisa menjadi terganggu. Berikut ini adalah beberapa fungsi genset:

1. Genset Sebagai Daya Listrik Darurat

Genset dapat digunakan sebagai sumber daya listrik darurat, contohnya rumah sakit. Rumah Sakit sebagai layanan publik vital perlu menjaga peralatan medis agar tetap dapat standby digunakan bahkan saat kondisi darurat. Maka  dari itu genset digunakan supaya operasional tetap dapat berjalan dengan lancar.

2. Genset sebagai Pencegah Kerusakan Alat Elektronik

Pemadaman listrik sering kali terjadi secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan terutama pada alat elektronik seperti cooler box, kulkas, Handphone, Laptop dan alat elektronik lainnya. Genset memiliki delay waktu rendah sehingga genset dapat digunakan sebagai alternatif pencegah alat elektronik kehilangan daya saat terjadi pemadaman listrik.

3. Genset untuk Keperluan Rekreasi

Genset dapat digunakan untuk pengisian daya elektronik dan menjaga lampu tetap menyala saat rekreasi atau kemping. 

Mesin Genset Mini

Berdasarkan fungsi genset diatas, genset mini atau portabel merupakan pilihan tepat yang digunakan untuk keperluan rekreasi atau skala rumahan. Genset Portable atau genset mini dikenal dengan jenis genset yang paling praktis. Genset jenis ini dirancang khusus dengan tampilan sederhana, meskipun bentuknya yang kecil namun memiliki daya yang cukup besar.

Umumnya, genset portable memiliki daya listrik mulai dari 750 hingga 2000 watt. Berikut merupakan keunggulan genset :

1. Mudah digunakan

Genset mini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar atau menyesuaikan sehingga mudah digunakan dimana saja sesuai kebutuhan. Selain dari segi fungsionalnya, genset ini juga dinilai lebih mudah dalam penggunaannya. 

2. Hemat

Tentunya harga genset mini di bandrol dengan harga yang lebih murah. Selain hemat kantong, genset  jenis ini lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Penggunaan teknologi eco-throttle pada genset menyebabkan mesin dapat bekerja dengan pengeluaran bahan bakar yang lebih efisien.

3. Perawatan mudah

Perawatan Genset portable silent dapat dikatakan cukup mudah atau tidak terlalu rumit daripada genset biasa. Untuk menjaga performa tetap prima, perawatan genset mini cukup dengan mengganti oli, membersihkan radiator dan membersihkan tanki bahan bakar. 

4. Tidak menimbulkan suara bising berlebih

Genset portable tipe silent mampu meredam suara yang dihasilkan, sehingga penggunaannya tidak mengganggu ketenangan di sekitar.

Rekomendasi Genset Mini

a. Mesin Genset Mini Multipro GG 1000

Mesin genset mini multipro GG 1000 memiliki output maksimal sebesar 850 watt. Genset ini menggunakan starter manual recoil dan mesin 2 tank yang bisa dioperasikan dengan menggunakan campuran bensin dan oli. Mesin genset  multipro GG 1000 diklaim lebih ringan serta tidak mudah overheat dan hanya memerlukan 3 liter bensin untuk dapat beroperasi selama 6 jam pemakaian pada frekuensi 50 hz dan voltase yang bisa mencapai 220 Volt.

b. Mesin Genset Mini Tiger TGR 3000

Mesin genset Tiger tgr 3000 menggunakan mesin 4 tank berbahan bakar bensin murni, cukup dengan penggunaan 6 liter bensin dapat digunakan beberapa jam pengoperasian dengan power maksimal mencapai 1.200 watt dan voltase sebesar 220v.

c. Mesin Genset Mini Suzumi Tike 2000s

Mesin genset Suzumi Tike 2000s memiliki desain compact 22 kg dengan 5 liter bensin murni dapat menghasilkan daya listrik hingga 2000 watt bertegangan 220 Volt. 

Selain genset mini sudah dibahas juga terkait genset 5000 watt yang dapat kamu simak informasinya pada link berikut : Sebelum Membeli, Cek Terlebih Dahulu Genset 5,000 watt.

Yuk dapatkan produk genset dengan harga murah dan kualitas terbaik untuk kebutuhan rumah tangga. Tidak hanya genset saja, kamu juga perlu menyiapkan beberapa peralatan lain. Cek peralatan yang Anda perlukan melalui website Gokomodo Corporate Commerce.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin