Diterbitkan 21 Apr 2023

Data Konsumsi Minyak Sawit di 3 Negara Besar Dunia

News
konsumsi minyak sawit

Kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Tingginya produksi sawit dalam negeri juga membuka peluang ekspor yang tinggi ke beberapa negara lain. Tak heran, Produktivitas Kelapa Sawit dinilai Mampu Menunjang Perekonomian Negara.

Beberapa kawasan atau negara yang menjadi tujuan ekspor minyak sawit dunia adalah EU, UK, dan USA. Hal ini sesuai dengan laporan PASPI yang mengatakan bahwa data USDA mengenai konsumsi minyak sawit di UK menempati posisi kedua terbesar setelah minyak rapeseed dan menempati posisi ketiga dalam struktur konsumsi minyak nabati di USA setelah minyak kedelai dan minyak rapeseed. 

Gambaran konsumsi kelapa sawit di 3 negara besar

Konsumsi kelapa sawit di tiga negara besar tersebut dapat dilihat dari volume impor yang terjadi setiap tahunnya. Dalam periode tahun 2016-2021 saja, EU memiliki rata-rata volume impor minyak sawit sekitar 7,2 juta ton per tahun. Volume impor minyak sawit sekitar 7,6 juta ton di tahun 2016 dan mulai meningkat menjadi 7,9 juta ton tahun 2019.

Dilansir dari laman Palm Oil Indonesia, pada tahun 2018 penggunaan minyak sawit di EU terbagi menjadi dua pembagian besar. Sekitar 65 persen penggunaan minyak sawit digunakan untuk energi biodiesel maupun pembangkit listrik, sedangkan 35 persen sisanya digunakan untuk sektor pangan, pakan, dan industri toiletries. 

Berbeda dengan negara EU, volume impor minyak sawit USA memiliki rata-rata sekitar 1,9 juta ton per tahun. Volume impor tersebut bahkan terus mengalami peningkatan dari 1,7 juta ton di tahun 2016 hingga menjadi 2,1 juta ton di tahun 2021. Hal ini menunjukkan bahwa minyak sawit sangat penting bagi USA hingga saat ini.

Sejalan dengan USA, volume impor minyak sawit di UK juga cenderung mengalami peningkatan. Jika pada awal 2016 hanya sekitar 449 ribu ton saja, volume impor minyak sawit di UK sudah mencapai sekitar 490 ribu ton pada tahun 2021. Dengan kata lain, volume impor minyak sawit tersebut meningkat dengan rata-rata sekitar 452 ribu ton per tahun.

Pangsa tiga negara atau kawasan tersebut masih relatif kecil jika dibandingkan dengan total volume impor sawit dunia. Hal ini bisa dilihat dari total impor minyak sawit dunia yang berada sekitar 46,8 juta ton hingga 53,6 juta ton dengan rata-rata 52,8 juta ton per tahun, dimana pangsa ketiga negara hanya sekitar 17,6 persennya saja menurut laporan PASPI. 

Demikian informasi terkait konsumsi minyak sawit di tiga negara besar dunia sepeti EU, USA, dan UK. Ikuti terus perkembangan informasi seputar industri sawit hanya di Gokomodo. Kunjungi website kami dan tambah wawasanmu sekarang juga!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.