Diterbitkan 30 Jun 2023

Genset Menyala 24 Jam Non-Stop, Amankah?

Teknologi
genset menyala

Genset memang dipergunakan sebagai pembangkit listrik darurat baik dirumah maupun skala industri. Biasanya genset memang akan menyala apabila listrik sudah mati dan durasinya pun tidak lama. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menyalakan genset pada waktu tertentu yaitu bahan bakar – Tips Menghitung dan Menghemat Genset Solar. Rata-rata genset dengan kapasitas 40 kVA hidup hingga 4 jam. 

Mungkinkah genset menyala hingga 24 jam?

Genset secara umum bisa digunakan hingga 24 jam tanpa henti. Namun, kamu harus tetap memperhitungkan bahan bakar yang digunakan dan perawatan genset agar tetap awet.

Genset biasa sangat jarang bisa digunakan selama 24 jam non-stop. Genset daya besar (100 kVA) hanya mampu maksimal 6 jam, genset silent dan open hanya mampu sampai 8 jam, serta genset portable hanya mampu menyala maksimal 9 jam. Ada genset khusus yang didesain mampu menyala selama 24 jam nonstop dengan adanya teknologi genset continuous power dan prime power capacity

1. Genset Continuous Power

Genset continuous power sering disebut sebagai genset yang bisa menyala 24 jam tanpa henti. Biasanya genset dengan teknologi ini digunakan skala industri besar. Agar bisa menyala lama, tentu genset ini memiliki keunggulan pada mesinnya. Mesin genset continuous power memiliki sistem pendingin yang besar untuk menyeimbangi besarnya kapasitas daya mesin. Hebatnya lagi, genset continuous power memiliki daya yang konstan. Genset ini cocok untuk mengoperasikan elektro motor dan pembangkit listrik tenaga diesel. 

2. Genset Prime Power Capacity

Serupa dengan genset continuous power, ada genset prime power capacity yang bisa menyala selama 24/7 tanpa henti. Perbedaannya ada pada pemakaian beban variabel hanya 80%, dimana continuous power mampu hingga 100%. Genset prime power capacity cocok digunakan di area pertambangan, perkebunan, pengeboran minyak di laut, dan wilayah yang tidak terjangkau oleh PLN. 
Sebaiknya genset digunakan sesuai dengan kapasitas daya dan bahan bakarnya.

Jika jenis genset memang bukan untuk digunakan selama 24 jam tanpa henti, ada baiknya untuk tidak memaksakan kerjanya hingga lebih dari yang ditentukan. Genset perlu waktu pendinginan untuk mencegah kerusakan pada genset. Gokomodo menyediakan berbagai macam genset berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa kamu dapatkan melalui Corporate Commerce Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin