Diterbitkan 19 Apr 2023

Genset Tidak Bisa Dimatikan? Mungkin Ini Penyebabnya

Teknologi
genset tidak bisa dimatikan

Genset yang normal penggunaannya akan berjalan baik termasuk juga saat dihidupkan dan dimatikan. Setelah sekian lama penggunaan, genset terkadang mengalami permasalahan yang datang tiba-tiba. Salah satunya yaitu genset tidak bisa mati meskipun saklar atau kontak telah dipindah ke posisi off.

Penyebab genset tidak mau mati, dapat disebabkan 3 hal, yaitu saklar rusak, kabel putus, dan kunci on/off rusak. Kerusakan seperti itu termasuk permasalahan genset yang tergolong ringan. Walau kerusakan ringan namun tidak bisa dianggap sepele dan perlu diperbaiki sesegera mungkin. Artikel ini akan menjelaskan hal yang membuat genset tidak bisa dimatikan, kamu bisa baca juga Mengetahui Sistem Kerja Mesin Genset untuk menambah pengetahuanmu!

Penyebab Genset Tidak Bisa Dimatikan:

a. Saklar rusak

Penyebab genset tidak bisa dimatikan yaitu fungsi saklar tidak berfungsi atau rusak sehingga tidak bisa memutus atau menyambung jalur kabel dari masa ke body. Karena untuk mematikan genset adalah dengan menyambungkan kabel masa ke body genset, jika ini tidak berfungsi baik maka genset akan sulit di matikan.

b. Kabel putus

Jika saklar on/off dalam kondisi baik tetapi genset tidak bisa di matikan periksa jalur kabel dari masa ke body, jika putus sambung kembali dan berilah isolasi dengan baik. Kabel yang putus bisa diakibatkan karena meleleh atau dirusak hewan pengerat seperti tikus.

c. Kunci on/off rusak

Selain menggunakan saklar ada beberapa genset yang menggunakan kunci kontak atau sejenis kunci on/off yang di gunakan untuk mematikan dan menghidupkan mesin genset, seringkali kunci ini mengalami soak dan eror di bagian dalam kunci sehingga jika ini rusak sebaiknya ganti dengan yang baru.

Mengetahui berbagai permasalahan genset merupakan hal dasar agar kamu dapat mengetahui penanganan yang tepat. Setelah baca artikel ini, Gokomodo menawarkan berbagai jenis genset sesuai kebutuhan yang dapat kamu akses di website Gokomodo Corporate Commerce ya! Kamu bisa membaca hal lain seputar genset untuk menambah wawasan kamu loh.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.