Diterbitkan 25 Dec 2023

Hari Natal 2023: Penuhi Kebutuhan Pertanian Tetap Terjaga

Agri Edu
Hari Natal 2023

Hari Natal 2023 menjadi hari yang begitu istimewa bagi sebagian orang. Hari ini menjadi hari penting bagi umat kristiani dalam menjalankan ibadah. Menjadi hari istimewa diperlukan penanganan khusus agar stok pertanian selalu ada di masyarakat tanpa kekurangan apapun.

Menurut Badan Pangan Nasional kebutuhan pangan untuk masyarakat menjelang perayaan Hari Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024 masih aman karena prognosa kebutuhan pangan dengan kebutuhan masih cukup.

Badan Pangan Nasional bersama Kementerian Perekonomian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian, dan Badan Pangan Nasional sudah disiapkan kebutuhan pangan hingga perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Saat ini adan kemungkinan inflasi tertinggi seperti beras, cabai, dan gula menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sehingga pemerintah sedang mempersiapkan ketersediaan komoditas tersebut.

“Untuk beras, sudah menyiapkan stok 3,8 juta ton. Kemungkinan, masuk terakhir pada Januari atau pertengahan Februari 2024 sehingga nanti menjelang panen raya. Bulog akan memastikan mempersiapkan diri bisa menyerap produksi dari Kementerian Pertanian”

Harga beras masih mencapai Rp14 ribu per kilogram hingga Rp15 ribu per kilogram. Kemungkinan kenaikan dibanding sebelumnya sebesar Rp11 ribu per kilogram hingga Rp11.500 per kilogram. Direktur Human Capital Perum Bulog Purnomo mengatakan ketersediaan beras masyarakat menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Perum Bulog pastikan masih aman karena stok hingga akhir Desember 2023 sekitar 1,5 juta ton.

Semoga dengan Hari Natal 2023 ini menjadi hari bahagia tanpa kekurangan apapun. Gokomodo terus selalu mensupport segala kebutuhan agri input pertanian untuk menunjang pertanian di Indonesia berjalan dengan baik. Yuk pantau terus update terkini seputar pertanian di Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin