Diterbitkan 18 Nov 2023

Hari Sawit Nasional: Dukung Suksesi Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia

Event
Hari Sawit Nasional

Kelapa sawit sudah sejak lama menjadi primadona di Indonesai bahkan dunia. Indonesia juga termasuk produsen terbesar minyak sawit (CPO) di dunia. Data dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia menunjukkan, produksi CPO Indonesia di 2019 sebanyak 47 juta ton. Tanaman jenis ini, memiliki banyak manfaat di sektor energi. Potensi tersebut bisa jadi peluang bagi Indonesia untuk memperkuat ketahanan energi di dalam negeri. Berdasarkan manfaatnya, produk kelapa sawit bisa dimanfaatkan untuk sumber energi pembangkit listrik maupun bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan.

Upaya mendukung sawit dalam menjaga kontribusi bagi bangsa Indonesia dan tetap diakui sebagai penghasil energi terbarukan yang baik. Tepat pada hari ini 18 November 2023 atau yang bisa disebut sebagai Hari Sawit Nasional, mengupayakan agar menjadi kampanye kelapa sawit yang baik.

Hari Sawit Nasional diharapkan generasi muda Indonesia berkumpul menguatkan peran mereka dalam meningkatkan produktivitas sawit rakyat. Generasi muda juga bisa mensosialisasikan manfaat sawit baik bagi Indonesia dan dunia. Peringatan Hari Sawit Nasional tahun ini bukan hanya perayaan, melainkan panggilan untuk bersama-sama membangun masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang dan dan Gokomodo menyambut baik ide yang baik ini.

Upaya Pemerintah dalam Hari Sawit Nasional

Sebagai upaya mengkampanyekan sawit yang baik pemerintar berupaya mengembalikan lahan lkelapa sawit yang menjadi hutan. Sekitar 200.000 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang ditemukan berada di kawasan yang ditetapkan sebagai hutan lindung dan hutan konservasi di Indonesia diperkirakan akan diubah kembali menjadi hutan.

Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya, sementara hutan lindung adalah kawasan yang fungsi pokoknya adalah melindungi sistem penyangga kehidupan. Dengan adanya upaya ini diharapkan semua pihak menjadi tahu bahwasanya perkebunan kelapa sawit memperhatikan isu lingkungan.

Nah, itulah sekilas pembahasan hari sawit nasional beserta upaya dalam meningkatkan kampanye sawit baik di Indonesia maupun dunia. Yuk, pantau secara lengkap informasi agrikultur lainnya hanya di website Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin