Diterbitkan 24 Feb 2023

Hiasi Rumah dengan Tanaman Sukulen Menarik

Lifestyle
hiasi tanaman rumah dengan sukulen

Apakah kamu sudah familiar dengan tanaman sukulen? Sukulen (Succulents) berasal dari Bahasa Latin Sucus yang artinya ‘getah’. Tanaman sukulen tergolong sebagai tanaman hias karena dari penampilannya yang mencolok dan menarik. Tanaman ini ditanam pada pot ukuran kecil dengan perawatan yang mudah, bisa hidup dimanapun, dan mampu menyimpan cadangan air. Berikut adalah beberapa jenis sukulen yang bisa menjadi pilihan untuk menghiasi rumahmu.

Sukulen Roseum

Pilihan pertama yang bisa kamu pilih adalah sukulen roseum. Sukulen roseum biasanya memiliki bunga berwarna merah muda, hijau, dan merah. Bentuknya yang kecil sekitar 10-15 cm membuat dekorasi lebih indah. Jika kamu menyukai tanaman yang lucu, kamu bisa memilih sukulen ini. 

Lidah Buaya

Siapa sangka Lidah Buaya termasuk dalam jenis tanaman sukulen? Lidah Buaya juga bisa diletakkan di sekitar halaman atau dalam ruangan dengan sedikit pengairan dan terpapar cahaya matahari. Selain cocok untuk menghiasi tempat yang ada disekitar kamu, Lidah Buaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambutmu, loh!

Crown of Thorns

Tanaman ini memliki bunga mirip seperti Bunga Poppy dan biasanya berwarna merah, salmon, atau kuning. Daunnya berbentuk seperti sendok dan terdapat bunga kecil pada ujung cabangnya. Perawatannya cukup dengan memberi tanah kering dalam pot diantara waktu penyiraman ketika bunganya mekar. Apabila belum berbunga, pastikan terlebih dahulu bagian atas pot sudah kering sebelum disiram air. 

Echeveria minima

Sukulen ini cukup menarik pada bagian daunnya. Daunnya berwarna hijau dan terdapat semburat warna merah keunguan di ujungnya. Sukulen ini juga tidak banyak membutuhkan air dan tidak perlu dipindahkan untuk mendapatkan cahaya matahari. Sukulen ini lebih cocok diletakkan di jendela rumah, ruang keluarga dan dekat area halaman.

Tanaman Giok (Jade Plant)

Sesuai dengan namanya, tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan bagi yang menanamnya. Daya tarik tanaman giok ini adalah daunnya yang berwarna hijau gelap, mengkilap, tebal, dan berbentuk oval. Beberapa jenis tanaman giok bahkan memiliki warna merah di ujung daunnya. Tanaman ini cocok dipajang di depan pintu rumah atau tempat usahamu agar membawa keberuntungan.

Nah, dari kelima rekomendasi tanaman sukulen diatas, kira-kira mana yang cocok untuk halaman rumahmu? Ada juga tanaman hias berbentuk buah yang bisa kamu baca di 6 Jenis Tanaman Hias Buah Populer. Jangan lupa baca terus artikel Gokomodo untuk rekomendasi tentang tanaman dan agrikultur lainnya.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.