Diterbitkan 31 Mar 2023

Indonesia Targetkan Jadi Perkebunan Nomor Satu Dunia di 2024

News

Perkebunan tentunya menjadi bagian penting dalam industri di Indonesia. Perkebunan telah menyumbang devisa negara terbesar dan memiliki daya tarik tinggi oleh negara lain. Pembangunan perkebunan ini diharapkan dapat menjadi pintu gerbang kemandirian ekonomi Indonesia di masa yang akan datang.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah peluncuran BUN500, program untuk pendistribusian benih unggul perkebunan 500 juta batang pada 2019-2024 secara gratis untuk masyarakat khususnya perkebunan rakyat. Hal ini didasari banyak sekali ekspor yang didominasi oleh komoditas perkebunan.

Peningkatan produktivitas diperlukan seperti penyiapan benih unggul gratis sejak 2016 dengan anggaran mencapai Rp 5,5 triliun. Target peningkatan produktivitas melonjak hingga 3 kali lipat dengan menyediakan benih bermutu, berkualitas, dan bersertifikat dalam program ini. Penyediaan benih tersebut akan difasilitasi 50 nursery yang dapat memproduksi hingga 200 juta batang dan menggandeng produsen dan penangkat benih berstandar ISO 9001:2015 sebagai mitra strategis untuk menyediakan 300 juta batang lainnya.

Demikian informasi seputar program BUN500 dalam pembangunan perkebunan di Indonesia. Sebagai contoh nyata, kamu bisa berperan aktif dalam digitalisasi perkebunan; Peran Digitalisasi Sebagai Kunci Akselerasi Pembangunan Perkebunan. Jika kamu membutuhkan informasi seputar perkebunan, Gokomodo adalah solusinya. Kunjungi website kami sekarang!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.