Diterbitkan 16 Feb 2024

Ingin Pohon Mangga Berbuah Lebat? Gunakan Pupuk Mangga Sesuai Fase Pertumbuhannya

Tips / Tutorial
Pupuk mangga

Salah satu tahap penting dalam budidaya mangga adalah pemberian pupuk yang dilakukan dalam beberapa tahap. Pemupukan bertahap ini memiliki tujuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Target pemupukan dimulai dari pembentukan bunga, pembentukan buah, hingga pembesaran buah.

Penggunaan NPK sebagai pupuk mangga telah dikenal luas oleh para petani yang menanam buah bernama latin Mangifera indica ini. Sebab, pupuk dengan kandungan Nitrogen, Fosfat, dan Kalium ini akan membantu merangsang pertumbuhan vegetatif dan generatif. Kandungan nutrisi yang lengkap juga akan mencegah terjadinya kerontokan buah sebelum panen.

Pemupukan Mangga Tahap 1

Pemupukan tahap 1 dilakukan pada saat tanaman berusia 3 bulan setelah tanam atau saat tanaman memasuki fase pertumbuhan generatif. Pada fase pembentukan bunga ini, unsur hara esensial berupa Kalium dan Phospat sangat dibutuhkan. Unsur P dan K membantu proses pembentukan bunga serta pembesaran buah.

Sumber: iStock

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18, NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE, serta HX-DAP. Adapun dosis yang dianjurkan pada  Pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18 adalah 350 gram/tanaman, pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE 200 gram/tanaman, dan pupuk HX-DAP 100 gram/tanaman dengan cara ditaburkan merata.

Pemupukan Mangga Tahap 2

Setelah berusia 6 bulan setelah tanam, pohon mangga akan mulai menghasilkan buah. Untuk mendapatkan buah yang lebat dan manis, maka aplikasi pupuk Kalium dan Phospat yang tinggi adalah kuncinya. Pada fase pembentukan buah ini, unsur Kalium akan membantu dalam pembentukan protein, karbohidrat, dan saripati buah mangga yang mempengaruhi kualitas dan bobot buah. Sementara itu, Phospat akan membantu dalam pembentukan bunga dan mencegah kerontokan.  

Beberapa rekomendasi pupuk yang bisa digunakan pada fase ini, antara lain NPK BOOSTER DGW 12-6-22-4+TE yang telah dilengkapi dengan kandungan unsur hara Nitrogen 12%, Phosphate 6%, Kalium 22%, Magnesium 3%, Zinc 0.05%, dan Boron 0.1%. Cukup dengan dosis 400 gram/tanaman, pupuk ini bisa diaplikasikan dengan dibenamkan pada media tanam atau dikocorkan (2–4 Kg/200 L air).

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18 dengan dosis 300 gram/tanaman dan pupuk NPK COMPACTION DGW 15-15-15+TE dengan dosis 150 gram/tanaman yang dapat diaplikasikan dengan cara ditaburkan merata.

Pemupukan Mangga Tahap 3

Pemupukan selanjutnya dilakukan pada saat tanaman berusia 9 bulan setelah tanam. Tujuan pemupukan ini ialah pembesaran buah, sehingga kamu bisa menggunakan pupuk NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE, KNO3 PRILL, dan NPK GOLD DGW 16-10-18.

Gunakan pupuk NPK BOOSTER DGW 12-6-22-3+TE dosis 450 gram/tanaman dengan cara dibenamkan pada media atau dikocorkan (2-4 Kg/200 L air). Sementara itu, pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18 dapat diaplikasikan dengan cara ditaburkan merata di media tanam dengan dosis 350 gram/tanaman.

Sumber: iStock

Adapun pupuk KNO3 PRILL merupakan jenis Straight Fertilizer yang mengandung unsur Nitrogen 13% dan Kalium 45%. Pupuk jenis ini biasanya diaplikasikan dengan dosis 100 gram/tanaman dengan cara dikocorkan (2–4 Kg/200 L air).

Aplikasi Pupuk Mangga Lainnya

Selain pemupukan di atas, kamu juga bisa mengaplikasikan pupuk daun dengan menggunakan pupuk HX-MKP dan KNO3 CRYSTAL. Sifat water soluble pada kedua jenis pupuk ini akan membuat mereka mudah larut dalam air saat diaplikasikan dengan cara disemprotkan ke daun. Cara pemupukan seperti ini tentunya juga akan membuat tanaman lebih cepat menyerap unsur hara yang ada. 

Perlu diketahui, pupuk HX-MKP mengandung Phospat sebanyak 50% dan Kalium 35% sementara pupuk KNO3 CRYSTAL mengandung Nitrogen 13% dan Kalium 46%. Jika pupuk HX-MKP diaplikasikan pada saat tanaman berumur 3 BST – 6 BST atau saat fase pembentukan bunga dengan dosis penggunaan 2–5 gram/L, pupuk KNO3 CRYSTAL diaplikasikan saat tanaman berumur 9 BST atau saat pembesaran buah dengan dosis 4–6 gram/L.

Demikian penjelasan mengenai pupuk mangga yang bisa digunakan pada tiap fase pertumbuhan. Jika kamu tertarik dengan budidaya mangga, Kenali 7 Jenis Mangga yang Populer di Indonesia terlebih dahulu di website Gokomodo, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin