Diterbitkan 4 Aug 2023

Inilah 5 Manfaat Buah Kakao untuk Kesehatan

Lifestyle

Apakah kamu pecinta coklat? Jika iya, kamu harus tahu bahwa bahan dasar untuk membuat coklat adalah biji dari tanaman Theobroma cacao. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, kakao ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho!

Tanaman kakao akan menghasilkan buah berukuran cukup besar yang di dalamnya  berisi 20 hingga 60 biji kakao. Biji-biji tersebut diselimuti oleh daging buah berwarna putih yang memiliki rasa manis dan kadang-kadang juga memiliki rasa asam. 

Biji kakao yang masih mentah dan belum mengalami proses pengolahan diklaim memiliki kandungan antioksidan tinggi daripada setelah diolah. Biji kakao juga menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Lalu, apa saja manfaat buah kakao bagi kesehatan tubuh? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Manfaat buah kakao bagi kesehatan

1.  Tinggi antioksidan

Seperti dijelaskan sebelumnya, biji kakao mengandung antioksidan yang tinggi. Salah satunya adalah flavonoid, antioksidan alami yang menjadi bagian dari senyawa polifenol. Kandungan antioksidan ini akan menangkal efek buruk radikal bebas sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

2. Mengurangi gejala depresi

Coklat juga dikenal sebagai makanan yang dapat memperbaiki suasana hati seseorang. Mengapa demikian? Ternyata menurut dr. Elson Haas, penulis buku Staying Healthy with Nutrition, bubuk kakao yang diperoleh dari biji kakao mampu memperbaiki suasana hati sehingga akan mengurangi gejala depresi.

3. Menurunkan tekanan darah

Adanya kandungan antioksidan flavonoid dalam bubuk kakao juga akan membantu memperbaiki kadar oksida nitrat di dalam darah. Di samping itu, secara bersamaan fungsi pembuluh darah akan meningkat sehingga tekanan darah akan turun.

4. Mengurangi risiko serangan jantung  

Bubuk kakao juga dipercaya mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung. Hal ini didasarkan pada tingginya kandungan senyawa flavonoid yang berperan dalam meningkatkan oksida nitrat dalam darah. Dengan begitu, arteri dan pembuluh darah akan meningkat dan akhirnya membuat aliran darah meningkat pula.

5. Menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif

Lebih lanjut, bubuk kakao juga memiliki kandungan polifenol yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif. Caranya adalah dengan memperbaiki fungsi otak serta melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Itulah 5 manfaat dari biji kakao yang perlu kamu ketahui. Meskipun coklat memiliki banyak manfaat, selalu perhatikan konsumsi makanan yang masuk ke tubuhmu. Sebab, sesuatu yang berlebihan malah akan mendatangkan bahaya bagi tubuhmu.

Nah, informasi menarik lainnya seputar coklat bisa kamu baca di website Gokomodo, lho! Salah satunya adalah 5 Daerah Penghasil Kakao Terbesar di Indonesia

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.