Diterbitkan 15 Jul 2024

Inilah 5 Rekomendasi Racun Rumput Paling Ampuh Ala Gokomodo

Agri Edu
Racun Rumput Paling Ampuh

Keberadaan gulma dalam area pertanian memang harus segera diatasi agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Ada banyak jenis gulma yang mungkin muncul mulai dari teki-tekian (sedges), rerumputan (grasses), gulma berdaun lebar (broad leaves), dan lainnya – Inilah Klasifikasi Gulma Perkebunan yang Perlu Kamu Tahu!

Berbagai jenis gulma tersebut memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, apalagi rumput. Akan sulit membasmi rumput liar hanya dengan tangan untuk bisa mencapai akarnya. Oleh karena itu, penting untuk memilih racun rumput paling ampuh agar bisa mengendalikan gulma, berikut rekomendasinya.

Sumber: iStock

Rekomendasi Racun Rumput Paling Ampuh

1. Roundup 486 SL

Diantara berbagai produk herbisida pembasmi rumput yang ditawarkan di pasaran, Roundup 486 SL saat ini menjadi primadona. Pasalnya, herbisida yang diproduksi oleh PT Monagro Kimia ini mampu membasmi rumput sampai ke akarnya. Keamanannya juga tidak perlu diragukan lagi karena telah terdaftar secara resmi pada Kementan RI. Roundup dengan bahan aktif isopropilamina glifosat 486 g/l  tersedia dalam kemasan botol mulai 200 ml.

2. Gramoxone 

Racun rumput lainnya yang tak kalah ampuh adalah Gramoxone yang memiliki bahan aktif parquat diklorin. Kandungan ini membuat Gramoxone sangat ampuh untuk membasmi segala jenis rumput liar hingga rumput benar-benar mengering. Namun karena efektivitasnya ini, pengguna perlu memakai alat perlindungan yang tepat seperti masker dan sarung tangan agar tetap aman. Untuk mendapatkannya, Gramoxone tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 200 ml hingga 1 liter.

3. Lindomin

Jika keberadaan gulma masih terlalu sedikit dan sangat berhati-hati agar herbisida tidak merusak tanaman utama, pilih Lindomin. Herbisida yang satu ini memiliki kandungan phenol yang cukup rendah sehingga diklaim aman bagi tanaman utama. Meski demikian, Lindolim sangat ampuh untuk membasmi rumput sampai akar bahkan termasuk gulma berdaun lebar dan gulma teki-tekian.

4. Ally Plus 77 WP

Bagi petani yang ingin menanggulangi keberadaan gulma, Ally Plus 77 WP mungkin bisa menjadi pilihan. Pasalnya, Ally Plus 77 WP tidak hanya cocok untuk gulma yang sudah tumbuh saja tetapi juga bisa untuk gulma yang belum tumbuh. Cara aplikasi racun rumput Ally Plus 77 WP juga beragam yakni bisa ditabur maupun disemprot. Agar lebih efektif, biasanya Ally Plus 77 WP dicampur dengan pupuk atau herbisida lain untuk menekan biaya karena harganya yang tergolong murah.

5. DMA 6

DMA 6 merupakan salah satu herbisida yang tidak hanya populer di kalangan petani tetapi banyak pula yang digunakan di sekitar pekarangan rumah. Sifat sistemik pada DMA 6 membuat gulma menyerap bahan aktif sehingga gulma akan mati sampai ke akar-akarnya.

Namun karena begitu ampuh, pastikan untuk menggunakan DMA 6 dalam dosis yang tepat dan berhati-hati saat mengatasi gulma di sekitar tanaman. Karena hasilnya tidak instan, harga racun rumput merk DMA 6 ini cukup terjangkau.

Itu dia 5 racun rumput atau herbisida paling ampuh yang bisa kamu coba. Dapatkan berbagai produk pertanian berkualitas di GokoMart terdekat, seperti GokoMart Bodok, GokoMart Muara Telang, dan GokoMart Nanga Tayap. Selamat belanja!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin