Diterbitkan 29 Dec 2023

Inilah 5 Tanaman Penaung Kakao yang Sering Dijumpai di Indonesia

Agri Edu
Tanaman Penaung Kakao

Untuk melindungi perkebunan dari sengatan matahari berlebih maupun serangan OPT yang tidak diinginkan, petani terkadang menanam tanaman penaung. Biasanya tanaman penaung digunakan pada tanaman yang dibudidayakan pada dataran tinggi. Selain kopi, tanaman yang memerlukan penaung yaitu kakao. 

Jenis Penaung Kakao

Kakao dapat hidup ideal di wilayah yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, suhu udara tinggi, dan penyinaran matahari yang teduh. Secara umum, penanung tanaman kakao berfungsi untuk menstabilkan suhu disekitar tanaman kakao. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak pohon kakao sehingga tidak dapat berproduksi. Penaung kakao dibedakan menjadi dua, yaitu:

Penaung Sementara

Dinamakan penaung sementara karena tanaman penaung ini hanya ditanam saat pohon kakao belum berproduksi atau usianya yang masih muda. Penaung sementara berperan melindungi daun-daun muda dari tiupan angin dan matahari. 

Idealnya, penaung sementara merupakan tanaman yang memilki postur tegak, pertumbuhan cepat, memilki struktur kayu lunak, sistem perakaran tidak didominasi oleh akar serabut, dan berasal dari jenis leguminosa.

Penaung Tetap

Penaung tetap meruapkan tanaman penaung yang keberadaannya dipertahankan selama kakao masih berproduksi. Pohon penaung tetap sebaiknya ditanam satu tahun sebelum kakao ditanam. Menanamnya pun harus berdasarkan tipe curah hujan pada suatu wilayah. 

Ada kriteria tersendiri untuk tanaman penaung tetap, seperti jenis tanaman leguminosa, bukan gulma, tahan terhadap angin kencang, dan tidak bersifat racun terhadap kakao (tidak aleopati). Ada banyak sekali tanaman yang digunakan sebagai penaung kakao yang juga memilki nilai ekonomis tersnediri. Tanaman naungan tersebut diantaranya.

Lamtoro

Sumber: Kompas

Lamtoro menjadi salah satu tanaman pilihan utama sebagai tanaman naungan. Lamtoro sendiri memilki btang yang kuat sehingga tidak mudah patah terkena angin, daunnya kecil, dan sistem percabangan yang mudah diatur. Kakao yang ditanam di bawah pohon lamtoro memilki daun yang lebih tipis dan lebar dan memiliki kadar nitrofen yang tinggi

Gamal

Sumber: Klik Hijau

Gamal merupakan salah satu tanaman perdu dari suku leguminosae dan sering dijadikan penaung pada tanaman kakao. Tanaman ini memiliki tinggi 2-15 m dengan besar batang 15-30 cm dan memiliki cabang yang banyak sehingga mampu meneduhkan tanaman kakao yang berada di bawahnya. Selain itu, tanaman gamal juga memberikan nitrogen pada tanaman kakao untuk mendukung pertumbuhan vegetatif. Ternyata adanya gamal juga menjadi pengendali gulma jenis alang-alang, lho. 

Dadap Merah

Tanaman penaung kakao
Sumber: Ladiescorner

Tanaman dadap merah juga termasuk dalam salah satu tanaman penaung kakao. Tanaman ini makin cantik karena dihiasi bunga yang berwarna merah dengan bentuk yang mengerucut. Tinggi tanaman dadap merah berkisar antara 15-20 meter dengan gemang 50-60 cm, kulit batangnya memilki garis vertikal hijau, abu-abu, coklat muda, maupun putih, serta terdapat duri kecil yang berwarna hitam. Tajuk tanaman dadap inilah yang menyerupai payung sehingga cocok digunakan sebagai tanaman penaung.

Sengon

Sumber: Sumber Plastik

Tanaman sengon merupakan tanaman penaung yang mampu tumbuh hingga 30-45 meter dengan gemang 70 cm. Selain dimanfaatkan sebagai penaung, tanaman sengon juga dimanfaatkan kayunya untuk dibuat kebutuhan industri dan papan.

Orok-orok hutan

Flemingia congesta atau lebih dikenal dengan sebutan orok-orok hutan merupakan salah satu tanaman penaung kakao. Penaung ini tergolong pendek karena hanya memilki tinggi berkisar 0,5-2 meter. Batangnya tegak, berbentuk bulat, dengan permukaan coklat kasar. Yang membuat tanaman ini cocok dijadikan penaung adalah struktur ranting dan daun yang menyebar. Selain itu, orok-orok hutan yang sudah terurai dengan tanah akan meningkatkan kesuburan tanah karena mengandung unsur nitrogen, fosfor, dan kalium yang tinggi. Tentunya ketiga unsur tersebut menjadi unsur yang paling penting diperlukan oleh tanah. 

Sudah tahu kan keanekaragaman tanaman penaung kakao? Nah, jika kebingungan untuk memberi penaung di kebunmu, kamu bisa mencoba salah satu dari jenis tanaman penaung yang sudah dibahas. Khusus tanaman penaung kopi, kamu dapat mencari referensi pada artikel Jenis Tanaman Penaung yang Penting pada Perkebunan Kopi dan artikel-artikel lainnya di website Gokomodo. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin