Diterbitkan 14 Jul 2023

Inilah Negara Penghasil Kakao Terbesar di Dunia

Agri Edu
negara penghasil kakao

Cokelat merupakan olahan dari biji buah kakao yang dikeringkan dan difermentasi. Makanan ini menjadi primadona hampir di seluruh dunia, karena memiliki rasa yang khas dan lezat. Namun, tahukah kamu dimana saja negara penghasil cokelat terbanyak di dunia?

Negara Penghasil Cokelat Terbanyak di Dunia

1. Pantai Gading 

Pada posisi puncak, negara Pantai Gading berhasil menjadi penghasil biji kakao terbanyak di dunia dengan produksi lebih dari 2 juta ton per Juni 2021. Negara yang berada di Benua Afrika ini bahkan memasok sekitar 40 persen kakao di dunia, dimana 6 dari 27 juta penduduknya diperkirakan bekerja di industri kakao.  

2. Ghana 

Negara berikutnya adalah Ghana. Berdasarkan data tahun 2020, negara ini mampu memproduksi lebih dari 883.000 ton kakao per tahun dan menyumbang sekitar 30 persen total ekspor. Bahkan, ada sekitar 800.000 petani di negara ini yang terlibat dalam industri kakao disana.

3. Ekuador 

Dari laporan Statista bulan Maret 2021, Ekuador disebutkan telah menghasilkan lebih dari 300.000 ton kakao setiap tahunnya. Tak hanya produksi dalam jumlah banyak, kakao dari Ekuador juga memiliki rasa yang kompleks dan aroma bunga yang khas.

4. Kamerun 

Memiliki produksi kakao lebih dari 280.000 ton per tahun, Kamerun akhirnya menjadi negara terbesar keempat dalam produksi kakao di dunia. Bahkan, sekitar 37 persen tanah di negara ini telah dialokasikan guna meningkatkan budidaya kakao.  

5. Nigeria 

Berikutnya ada Nigeria dengan total produksi lebih dari 270.000 ton kakao per tahun. Jumlah ini sebenarnya bisa lebih tinggi lagi, bahkan diperkirakan dapat menyentuh angka 300.000 ton saat musim penghujan tiba.  

6. Indonesia 

Indonesia juga menduduki peringkat 6 sebagai negara penghasil kakao terbanyak di dunia. Menurut data di tahun 2021 hingga 2022, produksi biji kakao Indonesia tercatat sekitar 180.000 ton. Menariknya, Indonesia pernah mencapai puncak produksi kakao pada 2009, yakni lebih dari 800.000 ton.  

Itu dia 6 negara penghasil kakao terbesar di dunia dengan jumlah produksi yang fluktuatif setiap tahunnya. Dengan Menjaga Kualitas Saat Proses Panen dan Pasca Panen Cokelat, Indonesia diharapkan dapat menghasilkan lebih banyak kakao di tahun-tahun yang akan datang. Kunjungi website Gokomodo untuk artikel mengenai cokelat lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin