Diterbitkan 19 Jun 2023

Inilah yang Harus Diperhatikan saat Servis Genset

Teknologi
servis genset

Tidak hanya kendaraan bermotor yang membutuhkan perawatan rutin, generator set atau genset juga harus diperhatikan kondisinya secara berkala. Dengan pemeliharaan mesin yang benar, genset akan mampu bekerja optimal setiap akan digunakan. 

Servis genset dapat diartikan sebagai kegiatan memperbaiki genset secara berkala yang meliputi penggantian lampu dan pengecekan mesin. Servis ini bisa dilakukan apabila mesin telah beroperasi mencapai kurang lebih 2000 jam atau minimal setiap 6 bulan sekali.

Tujuan dari adanya servis genset adalah untuk menjaga sistem generator dan panel agar tetap dalam keadaan siap pakai. Dengan ketersediaan yang tinggi atau high availability, pemilik dapat menggunakan genset kapan saja tanpa kendala berarti.

Tujuan lain dari servis genset adalah menjaga generator agar tetap memiliki performa terbaik dalam bekerja. Selain itu, bisa mengurangi kehilangan waktu jika nantinya generator tiba-tiba tidak bisa digunakan, serta mengetahui tindakan apa yang perlu dilakukan apabila ditemukan masalah pada genset.

Apa yang harus diperhatikan saat servis genset?

Ada beberapa ciri yang menunjukkan mesin genset bermasalah dan perlu diservis. Seperti genset yang tiba-tiba mati ketika dihidupkan, tenaga mesin mulai berkurang, terjadi kebisingan yang berlebihan, ataupun gangguan isolasi dan gangguan tegangan berlebihan.

Untuk itu, dalam melakukan perawatan rutin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik genset. Mulai dari memeriksa instrumen, memeriksa sistem proteksi, memeriksa atau menambahkan air aki dan air radiator, hingga memeriksa filter diesel, filter udara, filter oli, dan penggantian oli pada mesin.

Mengapa servis genset penting? Sebab ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik. Seperti mencegah mesin dari kerusakan besar atau kerusakan yang serius. Selain itu, perawatan yang rutin dapat mengembalikan kinerja mesin menjadi 80% hingga 100% dan membuat performa genset tetap optimal.

Setelah membaca penjelasan di atas, jangan ragu untuk melakukan servis genset secara rutin, ya! Lebih baik meluangkan waktu sejenak daripada genset yang kamu miliki mengalami kerusakan yang parah. Simak Tips Beli Genset Berkualitas di Gokomodo untuk mendapatkan produk genset berkualitas dengan harga terbaik. Kunjungi website Gokomodo Corporate Commerce sekarang, yuk! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.