Diterbitkan 15 Jun 2023

Inovasi Ban Tanpa Angin, Anti Bocor dan Tahan Lama

Teknologi
ban tanpa angin

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi rupanya juga berdampak pada inovasi di dunia otomotif. Salah satunya terkait dengan ban kendaraan. Hal ini dibuktikan oleh Michelin, salah satu pabrikan ban dari Prancis yang dikabarkan sedang mempersiapkan produksi ban tanpa angin atau airless tyre.

Teknologi tanpa angin ini bahkan telah diterapkan ke dalam prototipe Unique Puncture-proof Tire System (UPTIS). Dengan kombinasi ban tanpa angin dan rakitan roda untuk mobil penumpang, pengendara diharapkan tidak lagi khawatir dengan jalanan rusak yang seringkali membuat ban bocor. 

Kelebihan dan kekurangan ban tanpa angin:

Inovasi ini tentunya memiliki keunggulan yang luar biasa. Teknologi ban tanpa angin dikenal antikempes karena mampu menghilangkan risiko tusukan yang biasanya membuat mobil kehilangan keseimbangan. Hal ini karena sejak awal ban jenis ini memang tidak pernah terisi angin. 

Kemungkinan terjadinya ban bocor yang sangat minim juga menjadi keunggulan ban tanpa angin. Pengendara tidak perlu lagi membawa ban serep dan peralatan pengganti lainnya, sehingga ruang penyimpanan pada bagian bagasi akan lebih longgar.

Selain itu, ban tanpa angin juga diklaim lebih tahan lama dan membutuhkan perawatan yang lebih minim. Menariknya lagi, beberapa ban jenis ini juga memiliki emisi karbon yang rendah dan tentunya mudah didaur ulang karena terbuat dari bahan yang sepenuhnya dapat didaur ulang.

Selain keunggulan, ban tanpa angin juga memiliki beberapa kelemahan. Ban jenis ini dikenal lebih berisik jika dibandingkan dengan ban berisi udara konvensional. Hal ini karena ban tanpa angin harus melewati lebih banyak getaran yang melalui kendaraan. 

Kelemahan lainnya adalah tidak semua ban tanpa angin memiliki emisi karbon CO2 yang rendah. Sebab, area ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan lebih besar dan memiliki tahanan gelinding yang lebih tinggi. Sehingga, mesin harus menggunakan lebih banyak bahan bakar dan energi untuk menggerakkan roda. 

Mengingat ban tanpa angin yang masih terbatas penggunaannya, kamu bisa merawat ban mobil milikmu sebaik mungkin mulai dari sekarang. Jika dirasa perlu melakukan penggantian ban luar, kunjungi website Gokomodo Corporate Commerce untuk mendapatkan ban berkualitas dengan harga terbaik. Sebagai referensi harga, Simak Daftar Harga Ban Bulan Mei 2023 Berikut ini, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin