Diterbitkan 13 Jul 2023

Jangan Menyebarkan Benih Tidak Bermutu, Ini Akibatnya!

Agri Edu
benih tidak bermutu

Guna mendapatkan sumber makanan nabati yang sehat dan bergizi, maka benih tanaman yang digunakan harus bermutu. Para petani harus selektif sebelum menanam, serta memastikan bahwa benih yang digunakan memiliki kualitas terbaik. 

Mendapatkan benih bermutu menjadi hal penting mengingat hasil panen akan didistribusikan kepada masyarakat untuk dikonsumsi. Ketersediaan benih berkualitas merupakan salah satu faktor utama yang menentukan hasil pertanian. Oleh karena itu, pemilihan benih yang bermutu dirasa sangat penting dalam proses bercocok tanam. Masyarakat memiliki hak yang dijamin oleh Undang-undang untuk mendapatkan benih yang bermutu baik, lho!

Sayangnya, hingga saat ini masih saja ada orang-orang yang mengedarkan benih tidak bermutu. Beberapa petani juga masih abai terhadap kualitas benih sehingga hanya asal tanam dan panen, lalu menyerahkan hasilnya ke tengkulak. Padahal, oknum yang menyediakan bahan tanam tidak bermutu memiliki risiko besar untuk mendapatkan sanksi pidana.

Inilah akibat menyebarkan benih tidak bermutu

Berdasarkan UU No. 22 Tahun 2019 tentang Sistem Budidaya Berkelanjutan, dinyatakan bahwa setiap orang yang mengedarkan benih unggul yang tidak sesuai dengan standar mutu, tidak bersertifikat dan/atau tidak berlabel berpotensi dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun, serta pidana denda paling banyak Rp3 Milyar.

Tak hanya itu, setiap orang yang mengadakan, mengedarkan, dan/atau menanam benih tanaman yang merugikan masyarakat, budidaya pertanian, sumber daya alam lainnya, dan/atau lingkungan hidup dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun, serta mendapatkan pidana denda paling banyak Rp1 Miliar.

Dengan adanya peraturan tersebut, pasti sudah jelas bahwa penggunaan benih bermutu dalam dunia pertanian hukumnya wajib. Oleh karena itu, jangan sampai kamu tergiur untuk mengedarkan atau menggunakan benih ilegal meskipun harganya jauh lebih murah.

Apabila kamu ingin memulai bisnis pertanian namun hanya memiliki modal kecil tidak perlu khawatir, kamu bisa simak artikel 4 Ide Bisnis Pertanian dengan Modal Kecil yang ada di website Gokomodo. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pertanian, lho. Kunjungi sekarang, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.