Diterbitkan 23 Feb 2024

Jangan Salah Pilih!, Ini Dia Jenis-jenis Alat Semprot Pertanian Terbaik

Agri Edu
alat semprot pertanian

Kemajuan teknologi telah mendorong penggunaan alat-alat pertanian untuk mendukung produksi pertanian. Salah satu contohnya adalah alat semprot pertanian yang berperan dalam memecah cairan atau larutan menjadi butiran cairan atau spray. Alat ini penting untuk mengaplikasikan bahan kimia aktif seperti pestisida guna melawan hama dan penyakit tanaman pada bagian daun, tangkai, buah, serta batang. 

Tingkat efisiensi dan efektivitas alat semprot juga sangat bergantung pada kualitas dan kuantitas alat serta komposisi bahan pestisida yang digunakan. Oleh karena itu, spesifikasi alat dan dosis pestisida menjadi faktor penentu kinerja sprayer. Penting untuk memahami ragam jenis alat semprot pertanian yang ada agar kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Simak informasi selengkapnya tentang alat semprot pertanian di bawah ini.  

1. Alat Semprot Tangan (Hand Sprayer)

Sebelum era kemajuan teknologi di bidang pertanian, hand sprayer merupakan alat yang umum digunakan. Alat ini dioperasikan dengan cara yang cukup sederhana, yakni hanya dengan menekan tuas alat untuk mengeluarkan cairan. 

Meskipun lebih ekonomis, namun hand sprayer memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak terutama jika digunakan di lahan pertanian yang luas. Oleh karena itu, hand sprayer lebih sesuai untuk lahan pertanian dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Alat Semprot Punggung (Knapsack Sprayer)

Alat semprot pertanian tipe ini bekerja dengan prinsip menggerakkan tangan penyemprot untuk mengeluarkan larutan kimia aktif dari tangki melalui tekanan udara yang dihasilkan oleh tenaga pompa. Gagang pompa sprayer dioperasikan untuk mendorong larutan kimia aktif keluar dari tangki ke tabung udara, hal ini akan meningkatkan tekanan sehingga larutan keluar melalui klep dan disemprotkan melalui nozzle

Pompa biasanya akan menghasilkan tekanan udara sekitar 0,7-1,0 kg/cm2 dengan melakukan sekitar 8 kali pemompaan. Beberapa contoh knapsack sprayer yang umum digunakan termasuk Merk Solo, Hero, CP 5, Matatabi, Berthoud, dengan harga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Alat Semprot Mesin (Motor Sprayer)

Alat semprot motor sprayer adalah jenis alat semprot yang menggunakan mesin untuk menggerakkan pompanya sehingga dapat memancarkan larutan kimia aktif dari tangki penyimpanan. Performa mesin dan cara penggunaannya juga bervariasi tergantung pada merek dan modelnya. 

Penggunaan motor sprayer memberikan keuntungan berupa kapasitas yang besar dengan waktu penyemprotan yang relatif singkat serta kemampuan untuk mengatasi gulma dengan tenaga kerja minimal. Namun, disarankan untuk tidak menggunakannya pada tanaman yang masih muda karena berisiko merusaknya. Beberapa contoh motor sprayer yang umum digunakan adalah mist blower power sprayer dan boom sprayer, dengan harga yang bervariasi tergantung merek dan kebutuhan.

4. Alat Semprot CDA (Controlled Droplet Application)

CDA sprayer memiliki perbedaan utama dengan alat semprot pertanian sebelumnya yang mengandalkan tekanan udara untuk menyemprotkan larutan kimia aktif dari tangki. Sebaliknya, CDA sprayer menggunakan gaya gravitasi dan putaran pinggiran untuk menghasilkan butiran-butiran dengan ukuran yang seragam sekitar 250 mikron. Ukuran ini dianggap optimal untuk menyemprotkan larutan kimia secara merata dan efisien pada gulma. 

5. Alat Semprot Udara (Aerial Sprayer)

Aerial sprayer memanfaatkan pesawat atau drone untuk melakukan penyemprotan, terutama di lahan pertanian yang luas. Penggunaan teknologi drone dalam pertanian bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyemprotan, terutama di lahan yang sulit dijangkau oleh manusia. Meskipun unit drone yang digunakan untuk pertanian cenderung mahal dan besar, namun fungsinya sangat beragam, mulai dari penyemprotan larutan pestisida secara otomatis hingga mendeteksi kerusakan akibat hama dan penyakit pada tanaman.

Itu dia informasi tentang  jenis-jenis alat semprot pertanian yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan dan preferensi. Namun, perlu diingat bahwa menjaga agar alat sprayer tetap awet dan tidak mudah rusak merupakan hal penting. Untuk itu, perawatan yang rutin sangatlah diperlukan. Baca juga Sprayer Sering Rusak? Yuk, Simak Tips Ini Agar Sprayer Tetap Awet! di website Gokomodo!.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.