Diterbitkan 6 Mar 2023

Jenis Peremajaan Kelapa Sawit beserta Langkah-langkahnya

Tips / Tutorial
peremajaan sawit

Dalam budidaya tanaman kelapa sawit, perlu diketahui bahwa produktivitas biasanya akan menurun setelah tanaman berusia lebih dari 25 tahun. Untuk memastikan tanaman kelapa sawit tetap memiliki produktivitas yang tinggi dan berkualitas, maka upaya peremajaan kelapa sawit perlu dilakukan. Pemerintah juga berusaha memberikan bantuan dana agar para petani mau melakukan program PSR (Peremajaan Sawit Rakyat).

Dalam peremajaan kelapa sawit, setidaknya ada 4 jenis sistem yang bisa dilakukan, yakni sistem tumbang serempak, sistem underplanting, sistem peremajaan bertahap, dan sistem tumpang sari (intercropping). Keempat sistem ini memiliki perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

1. Sistem Tumbang Serempak

Pada sistem tumbang serempak, persiapan lahan dan pengolahan tanah bisa dilakukan secara intensif. Dengan demikian, serangan hama kumbang tanduk maupun penyakit pada tanaman sawit bisa diantisipasi.  Sistem ini juga dapat membuat tanah berada pada kondisi ideal dan siap untuk pertumbuhan tanaman kelapa sawit.

2. Sistem Peremajaan Bertahan

Sistem peremajaan bertahan, para petani masih bisa mendapatkan penghasilan dari tanaman tua yang belum diremajakan. Akan tetapi, sistem peremajaan ini tidak cocok diterapkan jika lahan perkebunan sawit yang dimiliki tidak luas, misalnya pada pada kebun plasma atau swadaya.

3. Sistem Underplanting

Sistem underplanting, peremajaan tanaman sawit bisa tetap mendapatkan hasil dari tanaman tua. Sehingga, sistem ini tidak akan memutus langsung pendapatan para petani. Sayangnya, sistem underplanting ini dapat membuat tanaman muda mengalami gangguan pertumbuhan dan memiliki risiko terserang OPT, seperti kumbang tanduk.  

4. Sistem Tumpang Sari

Peremajaan dengan sistem tumpang sari merupakan sistem peremajaan yang dilakukan sambil mendapatkan alternatif penghasilan dari produksi tanaman sela. Sistem ini dapat membuat tanaman sawit muda tumbuh dengan baik tanpa gangguan dan mendapatkan suplai hara dari residu tanaman sela.

Itulah sekilas informasi mengenai langkah peremajaan sawit beserta jenis peremajaan yang bisa diterapkan. Informasi menarik lain tentang tanaman kelapa sawit dan pertanian secara umum bisa kamu baca di website Gokomodo. Kunjungi sekarang agar wawasanmu semakin bertambah!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.