Diterbitkan 7 Sep 2023

Jenis Traktor Perkebunan Kelapa Sawit beserta Tips Memilihnya

Agri Edu
traktor perkebunan kelapa sawit

Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia dengan luas lahan perkebunan mencapai 16,8 juta hektar hingga tahun 2022. Guna mendukung kegiatan perkebunan yang lebih efektif dan efisien, maka dibutuhkan sebuah alat canggih dengan teknologi terkini. Salah satunya adalah traktor perkebunan kelapa sawit. 

Kemajuan teknologi di zaman ini juga telah mempengaruhi perkebunan kelapa sawit untuk mengaplikasikan mekanisasi pertanian. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan budget perusahaan, dimana adanya peralihan dari tenaga manusia ke tenaga mesin akan memaksimalkan hasil yang didapat dengan biaya seminimal mungkin.

Penggunaan Traktor Perkebunan Kelapa Sawit

Secara luas, traktor tidak hanya berupa mesin yang digunakan dalam proses pengolahan tanah di sektor pertanian. Traktor juga termasuk alat berat berbentuk kendaraan yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas dengan kebutuhan traksi tinggi, misalnya untuk keperluan perkebunan kelapa sawit.   

Dalam hal ini, traktor bisa digunakan untuk mengangkut barang, alat, hingga melewati permukaan tanah yang tidak rata. Bahkan pada industri pertanian dan perkebunan berskala besar, kebutuhan akan traktor dengan ukuran dan spesifikasi tertentu sangat diperlukan untuk menunjang berbagai jenis pekerjaan. 

Terbukti pada saat ini, sudah banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang menggunakan traktor dalam kegiatan evakuasi buah yang telah dipanen di dalam blok. Cara ini pun menggantikan cara yang sebelumnya, dimana untuk melakukan evakuasi buah masih menggunakan alat berupa angkong.

Secara umum, pengumpulan hasil panen di lapangan dengan menggunakan traktor memang memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap produktivitas. Selain itu, traktor juga dapat digunakan dalam kegiatan pemberian pupuk di lapangan dengan cara yang relatif mudah. 

Jenis-jenis Traktor Perkebunan Kelapa Sawit

Dalam dunia pertanian dan perkebunan, traktor merupakan alat serbaguna yang bisa digunakan untuk proses persiapan lahan, transportasi, pemanenan, dan masih banyak lagi. Untuk itu, perlu kamu ketahui apa saja jenis traktor perkebunan kelapa sawit yang biasa digunakan dalam kegiatan industri.

Berdasarkan bentuk dan jenis roda, simak ulasan mengenai jenis-jenis traktor berikut ini.

1. Traktor Roda Tiga

Traktor roda tiga merupakan jenis traktor yang memiliki ukuran sedang. Jenis ini biasa digunakan untuk mengangkut buah kelapa sawit saat proses pemanenan. Pada bagian atas kemudinya, kabin dapat dibuka atau ditutup, sehingga pengemudi bisa menyesuaikan sendiri dengan kondisi di lapangan. 

2. Traktor Roda Empat

Jenis berikutnya adalah traktor dengan empat roda yang secara umum berukuran lebih besar dan terlihat lebih tangguh. Jenis traktor ini sangat serbaguna, hal ini karena traktor roda empat dapat digunakan untuk membantu pemupukan mekanis dan transportasi buah di dalam blok atau gawangan di perkebunan kelapa sawit.  

3. Traktor Roda Rantai

Jenis lainnya adalah traktor dengan roda rantai yang memiliki tenaga traksi lebih besar. Jenis traktor ini dapat bekerja di kondisi tanah yang kurang bagus dan sangat minim terjadi slip pada ban. Traktor ini biasa digunakan untuk pengangkutan tandan buah segar kelapa sawit dari area kebun ke pinggir jalan koleksi. 

Tips Memilih Traktor yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk membeli traktor, pastikan kamu telah mengetahui apa saja yang kamu butuhkan. Tak hanya digunakan untuk mengolah tanah dan kendaraan pengangkut, rupanya traktor juga masih memiliki banyak fungsi lainnya. Berikut adalah tips memilih traktor yang tepat untuk perkebunan.

1. Sesuaikan dengan Luas Lahan

Jenis traktor yang kamu pilih tentunya harus sesuai dengan kondisi dan luas lahan yang ada. Misalnya untuk lahan perkebunan yang datar dan cukup luas, maka lebih baik menggunakan traktor dengan roda tiga atau empat yang telah menggunakan kemudi.

2. Pilih Sesuai Kenyamanan Transmisi

Traktor termasuk jenis kendaraan bermotor, sehingga juga tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Oleh karena itu, pilihlah jenis yang sesuai kenyamanan dan keinginan saat dioperasikan. 

3. Tentukan Kapasitas Traktor yang Dibutuhkan

Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengenali kapasitas traktor yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Adapun beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah ukuran traktor, kapasitas hidrolik, besaran tenaga kuda (horse power) yang dihasilkan, dan kapasitas angkatnya. 

Itu dia jenis traktor perkebunan kelapa sawit beserta tips sebelum memilihnya. Agar lebih aman, kamu bisa membeli traktor perkebunan kelapa sawit melalui Gokomodo. Simak juga Perkembangan Sistem Pertanian Indonesia dengan Teknologi Modern hanya di website Gokomodo, ya!  

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.