Diterbitkan 13 Nov 2023

Kapan Waktu yang Tepat Menyiram Tanaman?

Agri Edu
waktu menyiram tanaman

Mengetahui waktu yang tepat menyiram tanaman merupakan salah satu hal penting dalam budidaya yang harus kamu perhatikan. Sebab, penyiraman yang dilakukan secara sembarangan akan membahayakan tumbuh kembang tanaman, bahkan bisa membuat tanaman membusuk dan kehilangan kemampuan untuk hidup. 

Mengetahui waktu terbaik untuk menyiram tanaman juga dapat membuatmu lebih mudah dalam mengatur jadwal penyiraman. Dengan begitu, kamu bisa melakukan aktivitas secara teratur karena telah memiliki jadwal penyiraman dengan waktu yang sama setiap harinya. 

Sumber: IStock

Waktu yang Tepat Menyiram Tanaman

Kita mengenal empat pembagian waktu dalam satu hari, yakni pagi, siang, sore, dan malam. Dalam menyiram tanaman, perlu diketahui bahwa waktu terbaik untuk melakukannya adalah di pagi hari, baik untuk tanaman yang harus disiram setiap hari sekali atau untuk tanaman yang disiram beberapa hari sekali. 

Penyiraman di pagi hari akan membuat tanaman lebih subur dan tumbuh dengan sehat. Hal ini karena pagi hari merupakan waktu terbaik untuk menyiram tanaman yang cocok dengan siklus pertumbuhan alami tanaman. Pemilihan waktu ini juga didasarkan pada waktu tanaman siap mengonsumsi air, yakni ketika matahari sudah terbit namun belum terlalu tinggi.

Menyiram tanaman di pagi hari akan memberikan waktu bagi tanaman untuk mengering sebelum malam hari. Dengan cara ini, tidak akan ada air yang dibiarkan diam di atas tanaman maupun media tanam semalaman yang umumnya akan memicu pertumbuhan jamur.  

Tanaman sebaiknya disiram sebelum sinar matahari terlalu panas untuk membuatnya lebih terhidrasi dan mampu bertahan dalam menghadapi panas yang ekstrem. Oleh karena itu, penyiraman tanaman tidak dianjurkan dilakukan di siang hari mengingat sinar matahari yang sangat panas. 

Air yang panas karena terkena sinar matahari dapat membuat tanaman terbakar. Selain itu, air yang terlalu panas bagi batang dan daun yang rapuh juga akan menimbulkan banyak kerusakan pada tanaman. Untuk itu, waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah sebelum jam 10 pagi, sehingga dapat dipastikan jika air bisa terserap dengan baik ke dalam tanah dan dapat sedikit mengering sebelum sinar matahari terasa terlalu panas.

Waktu Sore Bisa Menjadi Pilihan Untuk Menyiram Tanaman

Namun perlu diketahui, jika pada saat pagi hari tidak memungkinkan melakukan penyiraman, kamu bisa menyiram tanaman di sore hari. Siram tanaman setelah jam 4 sore, dimana pada waktu tersebut sinar matahari sudah terasa tidak terlalu panas. Kamu juga bisa sesekali menyiram tanaman di malam hari, namun dengan volume air yang lebih sedikit dari penyiraman normal.

Saat tanaman disiram pada malam hari, air yang diberikan tidak akan menguap dan akan diam di daun dan batang tanaman semalam. Hal ini karena tanpa bantuan sinar matahari, tidak akan terjadi proses penguapan. Dengan begitu, tanah akan penuh dengan air dan memicu pertumbuhan jamur di sekitar akar, batang dan daun. Jadi, menyiram tanaman di malam hari hanya dilakukan jika tanaman sudah sangat membutuhkan air dan tidak bisa menunggu sampai pagi hari.  

Bahaya Menyiram Tanaman di Siang Hari

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa menyiram tanaman di siang hari sangatlah berbahaya. Mengapa demikian? Sebab, pada saat siang hari, proses penguapan terjadi dengan cepat. Dengan begitu, saat kamu menyiram tanaman di siang hari, sinar matahari akan membuat air menguap terlebih dulu sebelum bisa terserap oleh tanaman. 

Lebih dari itu, menyiram tanaman di siang hari juga akan membuat sel-sel pada tanaman mengkerut karena disiram dalam keadaan panas. Sel-sel tersebut akan menggelembung berisi air, hingga akhirnya pecah. Jika proses ini dilakukan terus menerus, maka lama-kelamaan tanaman akan rusak dan mati. 

Selain itu, air yang menguap lebih cepat akan membuat komponen mineral atau zat terlarut lainnya yang sebelumnya ada di dalam air siraman menjadi tertinggal di permukaan daun atau bagian tanaman lainnya. Terlebih lagi, air yang tetap berada di permukaan tanah akan membuat akar tanaman terstimulasi untuk bergerak ke arah permukaan, sehingga pertumbuhan akar menjadi tidak normal.

Itulah waktu yang tepat menyiram tanaman dan bahaya yang terjadi bila melakukan penyiraman di siang hari. Baca juga cara membuat Pupuk Sisa Rumah Tangga untuk Menutrisi Tanaman di website Gokomodo untuk menambah wawasanmu, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin