Diterbitkan 23 Nov 2022

Kembali WFO? Jangan Risau, Begini Tips agar Semangat Lagi Bekerja di Kantor!

Tips / Tutorial

Setelah dua tahun pandemi Covid-19 mengharuskan para pekerja untuk bekerja dari rumah, kini saatnya para pekerja kembali bekerja di kantor. Pasalnya, situasi pandemi saat ini terhitung sudah membaik meskipun protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Tentu kita yang sudah terbiasa dengan rutinitas serba online harus segera beradaptasi ke kebiasaan baru lagi. 

Meskipun berangsur-angsur, meninggalkan sebuah zona nyaman bekerja dari rumah merupakan suatu hal yang menantang bagi sebagian pihak. Nah, bagi kamu yang merasa perlu beradaptasi kembali, agar tidak terlalu terkejut dan tetap semangat untuk kembali bekerja di kantor, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut:

  1. Membuat Jadwal Rutinitas Baru

Saat sudah kembali bekerja di kantor, rutinitasmu akan berubah 180 derajat dari kebiasaanmu yang lama. Dalam hal ini, merencanakan jadwal yang baru akan sangat membantumu agar lebih siap. Jika biasanya kamu mengalokasikan waktu sepuluh menit untuk bangun, sarapan dan meeting, sekarang kamu perlu bangun lebih pagi untuk mempersiapkan diri, mulai dari mandi, sarapan, dan menempuh perjalanan yang terbilang padat untuk sampai ke kantor. Kamu juga perlu meninggalkan kebiasaan begadang, karena kamu tidak bisa tidur siang dengan nyaman pada jam istirahat seperti saat bekerja di rumah. Oleh sebab itu, diperlukan istirahat yang cukup apabila kamu hendak kembali bekerja di kantor serta membuat perencanaan dan persiapan tentang apa saja yang akan kamu lakukan hari ini, agar kamu lebih siap untuk kembali bekerja di kantor.

  1. Membangun “Mood”  Sebelum Bekerja

Meskipun awalnya akan terasa berat, kembali bekerja di kantor dapat membuatmu bahagia. Hal sederhana yang dapat kamu lakukan adalah menyiapkan hari dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, misalnya dengan berdandan rapi dan mengenakan outfit keren favoritmu ke kantor. Kamu juga dapat bangun pagi agar dapat sarapan dan minum kopi dengan tenang sambil menikmati suasana pagi hari. Apa pun itu, lakukanlah sesuatu yang bisa mendongkrak semangat dan mood positif kamu di pagi sebelum mulai bekerja. Penelitian menunjukkan bahwa ketika tubuh dan mental kita ‘di-setting’ untuk menjadi lebih bahagia, kita akan bekerja dengan lebih baik.

  1. Buat Meja Kantor Senyaman di Rumah

Meja yang berantakan dapat membuat pikiran kita dan hati juga ikut kusut dan berantakan. Barang yang berserakan di atas meja akan membuatmu menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk mencari dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan. Tentunya, hal tersebut dapat menguras tenaga, merusak mood, dan membuat pekerjaanmu menjadi kurang produktif. Oleh karena itu, jika ingin bersemangat di tempat kerja, penting bagimu meluangkan waktu untuk membersihkan dan merapikan meja kerjamu di kantor. Agar lebih semangat, kamu mungkin bisa menghiasnya sesuai gayamu, misalnya dengan membawa barang favoritmu, bingkai foto keluarga atau pasanganmu, atau bahkan poster idolamu. Dengan begitu, kamu dapat lebih nyaman bekerja sehingga dapat lebih fokus dan menyenangkan.

  1. Mensyukuri Hal-Hal Kecil

Hal ini mungkin terdengar klise namun ampuh untuk mendatangkan motivasi bekerja. Kamu dapat mencari sesuatu untuk kamu syukuri saat kamu kembali bekerja di kantor. Mulailah dengan memikirkan hal paling kecil. Misalnya kamu dapat menata kembali meja kantor kesayanganmu, kamu dapat melewati pusat jajanan enak di sekitar kantormu, atau sekedar dapat kembali merasakan makan siang hangat bersama rekan-rekan satu kantormu. Membayangkan dan melakukan hal-hal tersebut akan membuatmu lebih bersemangat saat pergi bekerja.

  1. Bersosialisasi di Tempat Kerja

Setelah sekian lama hanya berkomunikasi lewat video call dan telekonferensi, kini kamu dapat bertemu rekan-rekan kerjamu lagi. Jika selama ini kebosananmu saat bekerja hanya diobati dengan berselancar di media sosial, sekarang kamu bisa bertegur sapa secara langsung dengan teman-temanmu. Apa lagi yang lebih mengisi energi semangatmu daripada hal ini? Oleh karena itu, saat di kantor luangkanlah waktumu untuk bertukar kabar, berkenalan dengan karyawan baru yang belum pernah kamu jumpai, atau bahkan mengajak makan siang bersama. Tapi perlu diingat, serindu apapun kamu dengan temanmu, kalian tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan memprioritaskan tanggung jawab pekerjaan, ya!

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kembali semangat bekerja di kantor. Proses adaptasi terhadap lingkungan kerja ini memang membutuhkan waktu, namun cepat atau lambat kamu akan kembali menemukan kenyamanan tersendiri. Manfaatkan pula momen ini untuk kembali meningkatkan produktivitas serta kreativitasmu. Di atas semuanya, jangan lupa perhatikan kesehatan fisikmu ya. Tidur yang cukup, makan yang bergizi, dan olahraga juga bisa meningkatkan semangat kerjamu. Jadi, sudah siap ngantor lagi?

whatsapp
twitter
facebook
linkedin