Diterbitkan 5 Jan 2024

Kenali Jenis Teh dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Lifestyle
jenis teh

Teh menjadi salah satu minuman yang populer di dunia, bahkan menduduki peringkat kedua minuman yang paling sering dikonsumsi setelah air putih. Usut punya usut, selain bagian dari gaya hidup ternyata teh juga memiliki banyak manfaat dari setiap jenisnya. Berikut ini Go Komodo akan mengulas tentang manfaat teh secara umum dan jenis-jenisnya.

Manfaat Berbagai Macam Jenis Teh:

a. Melawan radikal bebas

Teh dikenal memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan inilah yang berperan besar untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan suatu zat yang dapat merusak sel yang ada di dalam tubuh manusia.

b. Membantu melunturkan lemak

Lemak berlebih dalam tubuh menyebabkan obesitas. Konsumsi teh di kalangan penderita obesitas sudah bukan menjadi rahasia lagi. Pasalnya, teh sama halnya dengan air yang memiliki nol kalori, dengan catatan saat menyeduh teh tidak ditambahkan bahan lainnya. Selain itu, teh membantu menghambat penyerapan lemak dan membakar lemak lebih banyak. Tentu saja agar hasilnya maksimal tetap diperlukan olahraga secara teratur.

c. Menurunkan kadar kolesterol

Siapa yang sudah pernah mengalami kadar kolesterol tinggi? Cobalah untuk meminum teh secara teratur. Menurut Journal of Nutrition, minum teh tanpa gula mampu membantu menurunkan kadar kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL). Jika kolesterol menurun, kesehatan jantung akan meningkat dan yang paling penting menghindarkan dari resiko penyakit kardiovaskular.

d. Menurunkan kemungkinan insomnia

Biasanya orang yang mengalami kesulitan tidur atau terbangun di malam hari akan meminum susu agar kembali tertidur lagi. Padahal, cukup dengan minum teh saja insomnia bisa berkurang. Ternyata menurut jurnal Integrative Medicine Research membuktikan dengan mengonsumsi teh sebelum tidur mampu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi insomnia ringan hingga sedang.

Berbagai Jenis Teh untuk Kesehatan

Teh dapat langsung diseduh dengan air kemudian dinikmati selagi hangat. Namun, menambahkan bahan lain atau menyeduh teh khusus ternyata bisa meningkatkan kesehatan tubuh, lho.

a. Teh adas

Teh adas merupakan salah satu jenis teh herbal yang terbuat dari biji adas. Tanaman adas terkenal manfaatnya sebagai bumbu masakan, jamu, hingga digunakan sebagai obat tradisional. Biji adas banyak dimanfaatkan untuk mengurangi gangguan pencernaan.

b. Teh ginseng

Sumber: Pinterest

Meskipun jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, konsumsi ginseng ternyata sangat populer di Korea Selatan. Tak jarang ginseng juga disulap menjadi teh herbal yang baik untuk kesehatan. Ginseng dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kelenturan pembuluh darah, serta menghambat terbentuknya gumpalan atau plak pada pembuluh darah.

c. Teh jahe

Sumber: Pexels

Jahe merupakan salah satu rimpang yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia apabila ada masalah kesehatan yang melanda. Biasanya orang-orang yang mengalami maag, demam, kedinginan akan mengkonsumsi jahe. Teh yang diseduh dengan jahe meningkatkan rasa teh dan mengurangi rasa pedas pada jahe.

d. Teh bunga krisan

Sumber : Pexels

Bunga krisan (Chrysanthemum) selain digunakan untuk menghias ruangan, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Teh dari bunga krisan sangat populer di Cina karena aroma yang lembut dan rasanya tidak terlalu pahit. Minum teh bunga krisan bisa digunakan sebagai alternatif anti nyeri dan anti radang herbal.

e. Teh bunga sepatu

Hibiscus tea atau teh bunga sepatu merupakan teh yang terbuat dari bunga sepatu yang dikeringkan. Teh ini memiliki rasa khas yang enak dan tajam. Dibalik rasa dan warnanya yang cantik, teh bunga sepatu ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, mencegah obesitas, menurunkan resiko penyakit perlemakan hati non-alkohol.

Nah itulah beberapa jenis teh dengan manfaat yang berbeda-beda di setiap jenisnya. Alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu untuk disesuaikan dengan kondisi kesehatan saat ini. Nantikan info seputar produk perkebunan di Indonesia beserta edukasinya hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin