Diterbitkan 6 Jul 2023

Ketahui Bahaya Menyadap Pohon Karet Setelah Hujan

Agri Edu
menyadap pohon karet

Salah satu komoditas perkebunan unggulan Indonesia selain kelapa sawit adalah karet. Tanaman yang biasa tumbuh di dataran rendah ini banyak ditanam petani karena mampu menghasilkan lateks yang memiliki harga jual cukup tinggi dan stabil. 

Lateks merupakan getah atau cairan berwarna putih yang didapatkan dari penyadapan bagian batang. Getah ini biasanya dipanen dari pohon karet berusia minimal 5 tahun dan dilakukan ketika pagi hari. Sayangnya, proses penyadapan tidak bisa dilakukan jika pohon karet dalam keadaan basah setelah turun hujan. 

Bahaya Menyadap Karet Setelah Hujan

1. Lateks akan menyebar

Pada tempat yang berair, lateks akan lebih mudah menyebar. Oleh karena itu, jika penyadapan dilakukan saat pohon karet dalam kondisi basah, getah karet tidak akan bisa dipanen optimal. Sebab, getah tidak akan mengalir mengikuti jalur penyadapan yang masuk ke dalam penampungan sementara.

2. Mati kulit

Masalah lain yang akan terjadi bila penyadapan dilakukan setelah hujan adalah mati kulit. Meskipun ada banyak faktor yang berpengaruh, namun menyadap pohon karet dalam keadaan basah dipercaya membuat pohon karet mengalami mati kulit.

Kondisi mati kulit ditandai dengan pohon karet yang sama sekali tidak mau mengeluarkan getah. Jika dilihat secara fisik, kulit pohon akan terasa lebih empuk tetapi tidak ada bercak getah karet yang muncul sedikitpun.

3. Lateks tidak kental

Selain masalah lateks yang menyebar, bahaya lain yang bisa terjadi ketika menyadap pohon setelah hujan adalah getah karet yang sulit mengental. Kondisi ini dianggap berbahaya karena lateks yang masuk ke dalam penampungan tidak akan menjadi karet. 

Meski begitu, getah karet yang bercampur air ini masih bisa mengental namun dengan catatan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, kamu juga bisa memberikan cairan khusus yang berguna untuk membantu mengentalkan lateks. 

Nah, itu dia tiga bahaya yang bisa terjadi apabila penyadapan dilakukan setelah turun hujan. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, selalu lakukan penyadapan sesuai panduan yang ada. Catat Waktu Penting Ini Saat Menanam Pohon Karet sehingga pohon yang kamu tanam bisa menghasilkan lateks optimal. Baca artikel menarik lainnya di website Gokomodo, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin