Diterbitkan 23 Feb 2023

Ketahui Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman!

Agri Edu
fase pertumbuhan dan perkembanga tanaman

Saat mempelajari fase hidup tanaman, kamu akan menemukan dua fase penting, yakni fase pertumbuhan dan fase perkembangan. Fase pertumbuhan merupakan kondisi dimana sel-sel meristem melakukan pembelahan secara terus menerus. Sedangkan fase perkembangan adalah kondisi dimana tumbuhan melakukan diferensiasi atau spesialisasi sel untuk melakukan fungsi khusus.

Mudahnya, pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran yang bersifat kuantitatif, sedangkan perkembangan adalah sebuah proses yang bersifat kualitatif. Awal mula pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini kemudian dibagi menjadi 4 fase penting, yakni fase embrio, fase perkecambahan biji, fase produksi, dan fase penuaan.

Fase penting pada tanaman:

Fase Embrio

Awal mula pertumbuhan dan perkembangan adalah fase embrio. Fase ini terjadi sejak terjadinya proses penyerbukan bunga, yaitu adanya penggabungan inti sel ovum dengan serbuk sari yang nantinya akan membentuk bakal buah dan bakal biji. Biji yang dihasilkan tanaman inilah yang akan menjadi alat perkembangbiakan secara generatif.

Fase Perkecambahan Biji

Fase perkecambahan biji merupakan kondisi dimana biji telah mengalami perkecambahan yang disebabkan oleh imbibisi atau masuknya air ke dalam sel-sel biji. Pada fase perkecambahan biji ini, organ tanaman yang siap tumbuh dan berkembang akan muncul. Organ tersebut antara lain akar, bagian ujung batang atau tunas muda, dan bagian daun.

Fase Produksi

Setelah tanaman memiliki organ yang lengkap, maka tanaman telah memasuki fase produksi. Kondisi ini ditandai dengan keberadaan organ bunga yang bisa menghasilkan bakal buah. Buah inilah yang menjadi bagian penting pada pertumbuhan, sebab di dalamnya ada biji yang digunakan sebagai alat perkembangbiakan generatif.

Fase Penuaan

Fase terakhir adalah fase penuaan. Pada masa ini, tanaman akan kehilangan kemampuan untuk menghasilkan organ tanaman baru. Selain itu, buah yang diproduksi juga akan mengecil, bagian-bagian tanaman mulai kurus, dan akhirnya tanaman mati.  Fase penuaan akan diakhiri dengan pergantian tanaman muda yang sebelumnya sudah melalui proses perkecambahan biji.

Nah, itulah informasi seputar fase hidup tanaman. Fase hidup ini akan berbeda-beda pada setiap tanaman, sehingga kamu perlu mengetahui karakteristik tanaman yang akan kamu tanam. Tertarik mengetahui lebih banyak informasi mengenai budidaya tanaman? Yuk, kunjungi website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.