Diterbitkan 23 Jul 2024

Ketahui Kernel Sawit Sumber Minyak Utama PKO

Agri Edu

Kernel sawit atau yang lebih dikenal dengan inti kelapa sawit, merupakan biji yang terletak di dalam kulit buah kelapa sawit. Kernel kelapa sawit dapat dimakan langsung dan juga bisa diolah menjadi palm kernel oil. Banyak sekali jenis olahan PKO dalam produk yang kita gunakan sehari-hari, terkadang kita tidak menyadarinya. Kali ini, Gokomodo akan bahas tentang olahan kernel kelapa sawit, disimak yah.

Palm Kernel Oil (PKO)

PKO adalah minyak yang dihasilkan dari kernel (biji) kelapa sawit. PKO lebih padat dan kental dibandingkan dengan jenis olahan kelapa sawit lainnya. Memiliki titik lebur yang lebih rendah serta berwarna bening alami karena kandungan vitamin E dan karoten yang tidak terlalu tinggi. Warna dan kualitas PKO dapat dipengaruhi oleh suhu tinggi di lingkungan sekitar. Ketika suhu di sekitarnya menjadi tinggi warna minyak ini akan menjadi lebih gelap. Komposisi PKO terdiri dari 80% asam lemak jenuh dan 20% lemak tak jenuh, berbeda dengan minyak sawit lainnya.

PKO mengandung banyak jenis asam lemak, diantaranya asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprat, asam kaprilat, asam stearat, asam oleat, asam linoleat, dan masih banyak lagi. Semua asam lemak tersebut bermanfaat bagi tubuh, misalnya asam kaprat, asam miristat, dan asam laurat membantu meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Dengan banyaknya manfaat dari minyak ini, umumnya PKO dimanfaatkan oleh industri berikut:

  • Industri pangan

Tingginya kandungan lemak jenuh dalam PKO membuatnya cocok dimanfaatkan dalam produksi bahan pangan. Biasanya hasil dari olahan PKO untuk pangan berupa minyak goreng, margarin, dan mentega. 

  • Industri farmasi dan kosmetik

Karena adanya kandungan vitamin E dan asam lemak esensial, PKO digunakan sebagai salah satu bahan campuran utama dalam industri farmasi dan kosmetik, seperti obat-obatan, suplemen, sabun, shampo, dan peralatan make-up.

  • Industri bioenergi dan pelumas

Seiring perkembangan teknologi dan kesadaran dunia akan energi terbarukan, maka PKO dipakai dalam campuran biodiesel dan biomassa lainnya, tidak ketinggalan pelumas.

  • Industri pakan ternak

Ampas dari pengolahan kernel sawit juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak. Hebat ya, dari kernel (biji) kelapa sawit sekecil kacang almond mampu menghasilkan minyak yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Penting untuk kalian ketahui juga, bahwa palm kernel oil (PKO) berbeda dari crude palm oil (CPO).

Crude palm oil atau yang dikenal juga dengan minyak sawit mentah diambil dari hasil pengolahan daging buah kelapa sawit dan merupakan komoditas utama pasar internasional. CPO memiliki warna merah kekuningan karena mengandung beta karoten sebagai antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Kandungan CPO lebih stabil dibandingkan PKO, karena CPO terdiri dari 50% asam lemak jenuh dan 50% asam lemak tidak jenuh. CPO memiliki banyak manfaat dan juga digunakan dalam banyak industri pangan, farmasi, kosmetik, sampai biofuel.

Serupa tapi tak sama, inilah PKO dan CPO. Semoga dengan pemaparan singkat ini kamu jadi lebih memahami tentang turunan, manfaat serta perbedaan pengolahan kelapa sawit. Yuk, simak artikel tentang kelapa sawit dan produk turunannya hanya di blog Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin