Diterbitkan 9 Aug 2023

Kualitas Buah Perlu Ditingkatkan Guna Mendukung Kegiatan Ekspor

News
kualitas buah

Komoditas ekspor Indonesia masih didominasi oleh kelapa sawit, karet, kopi, dan cokelat – 5 Daerah Penghasil Kakao Terbesar di Indonesia. Padahal, buah-buahan lokal sebenarnya juga memiliki potensi yang besar untuk diekspor ke mancanegara. 

Guna mendukung ekspor buah-buahan lokal, langkah awal yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas buah itu sendiri. Tak hanya dari sisi petani, dukungan dari pemerintah juga dibutuhkan untuk kesuksesan ekspor buah-buahan ini.

Sejalan dengan hal tersebut, Peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia (UI), mengatakan bahwa peningkatan kualitas buah harus mendapatkan perhatian khusus, termasuk dari kalangan pengusaha. Kunci keberhasilan ekspor buah-buahan lokal adalah peningkatan kualitas buah lokal dan semua orang harus terus mengkampanyekan makan buah nusantara. Dengan begitu, buah-buahan lokal akan semakin dikenal masyarakat.

Peningkatan kualitas buah di Indonesia

Peningkatan produksi buah-buahan lokal dapat dilihat dari data BPS. Data BPS yang mana pada tahun 2021 berhasil mencapai 25,96 juta ton atau mengalami peningkatan sebesar 5,4%. Data tersebut dibandingkan produksi tahun 2020 sejumlah 24,63 juta ton.  

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang, menyatakan bahwa langkah yang diambil pemerintah sudah cukup bagus dalam mengembangkan potensi buah dan sayur lokal. Akan tetapi, pemerintah juga harus membuka informasi dan promosi yang lebih luas. 

Keterbukaan informasi dan promosi yang masif sangat penting dilakukan untuk menarik minat masyarakat. Pada akhirnya, minat tanam masyarakat terhadap subsektor sayur dan buah segar akan semakin besar sehingga produksi buah dan sayur juga semakin meningkat.

Branding buah lokal sangat penting dilakukan karena selama ini persepsi masyarakat mengenai buah lokal masih kurang baik. Oleh karena itu, branding buah lokal terutama untuk menunjang kesehatan akan membuat masyarakat lebih tertarik mengonsumsinya setiap hari.  

Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, peluang bisnis buah dan sayur lokal masih tergolong tinggi, baik di pasar lokal ataupun pasar internasional. Beberapa buah-buahan yang mengalami lonjakan permintaan misalnya alpukat, jambu biji, dan jeruk lemon. 

Perlu diketahui, Kementan juga telah fokus mengembangkan produksi buah-buahan unggul di seluruh daerah sejak tahun 2006. Mulai dari pengembangan kawasan dan pendampingan penerapan budidaya sesuai kaidah Good Agriculture Practice (GAP), memfasilitasi para petani dengan sarana prasarana pascapanen, serta memfasilitasi proses pengolahan dan pemasaran.

Bersama Gokomodo, mari majukan sektor pertanian di Indonesia dengan praktik pertanian yang lebih baik. Dapatkan pupuk berkualitas dan alat pertanian modern lainnya sekarang juga!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.