Diterbitkan 21 Nov 2023

Ladang Cerdas 2: Pemahaman Dasar Seputar Pupuk Dan Penerapannya Dalam Dunia Agrikultur

Event
ladang cerdas

Ilmu pertanian (agricultural science) adalah bidang kajian luas yang mempelajari pertanian. Sebagaimana rumpun ilmu kesehatan, bidang ini merupakan bagian dari rumpun ilmu-ilmu hayati (biosains) yang bersifat terapan dan multidisiplin. Ilmu pertanian bisa dimulai dari budidaya, kebutuhan agri-input, pasca panen, hingga pengelolaan manajemen pekerja.

Literasi nendang agri dengan narasumber cerdas (Ladang Cerdas) merupakan ide Gokomodo untuk menyalurkan informasi seputar agrikultur. Ladang Cerdas kini sudah memasuki episode ke-2 untuk membahas seputar pupuk secara umum hingga cara menyimpan pupuk. Pembahasan pupuk dijelaskan oleh Dr. Ir. Heni Purnamawati, M.Sc.Agr, Dosen Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Gokomodo tim sudah bertemu langsung dengan Bu Heni selaku narasumber pada hari Jum’at 17 November 2023 untuk melakukan take video konten edukasi. Tema utama Ladang Cerdas Episode 2 adalah “Pemahaman Dasar Seputar Pupuk Dan Penerapannya Dalam Dunia Agrikultur” yang dapat disaksikan melalui youtube kesayangan Gokomodo!

Diskusi singkat dengan narasumber

Bu Heni menjelaskan “Pupuk merupakan kebutuhan utama dalam budidaya tanaman”. Penggunaan pupuk diperlukan dari masa vegetatif, pembentukan bunga, hingga pengisisan buah” tambah Bu Heni.

Unsur hara tanaman banyak macamnya dan fungsinya, salah satunya ada unsur hara makro dan unsur hara mikro. Selanjutnya unsur hara makro terdiri dari Nitrogen(N), Fosfat (P), dan Kalium (K). Unsur hara mikro terdiri Boron (B), Tembaga (Cu), dan lain-lain.

“Unsur hara nitrogen berfungsi membentuk klorfil untuk fotosintesis tanaman, kemudian unsur hara fosfat berfungsi sebagai pembentukan bunga, dan unsur kalium berfungsi dalam pengisian buah dan rasa manis buah” Bu Heni jelaskan.

Pupuk menjadi penting karena aplikasi pupuk harus menggunakan pupuk yang berkualitas dan harus menggunakan pupuk yang asli. Bu Heni menjelaskan “Keaslian pupuk sangat sulit untuk dibedakan, agar lebih aman baiknya membeli dari distributor yang terpercaya, seperti melalui Gokomodo”

Itulah penjelasan singkat mengenai ladang cerdas episode 2, banyak hal yang dapat dipelajari dari narasumber yang terpercaya. Yuk, selalu update seputar agrikultur hanya di website Gokomodo! – Program Berhadiah Gokomodo Datangkan Hadiah Motor Untuk Kios Mentari di Lampung Timur

whatsapp
twitter
facebook
linkedin