Diterbitkan 20 Jun 2023

Lakukan 5 Hal Ini Agar Aki Kering Tahan Lama

Teknologi
Aki kering tahan lama

Apakah aki kendaraanmu cepat tekor? Bisa jadi penyebabnya adalah perawatan yang kurang tepat. Perawatan aki yang benar akan menambah masa pakai aki pada kendaraan. Pemilihan jenis aki dapat mempengaruhi masa pakainya pada kendaraan. Pastikan kamu memilih jenis aki yang sesuai dengan kebutuhan kendaraanmu – Bingung Pilih Aki Kering Atau Aki Basah? Simak Informasi Berikut!

Sekarang ini kebanyakan kendaraan menggunakan aki kering dengan alasan perawatan yang lebih mudah. Walaupun tidak sepenuhnya benar, perawatan aki kering bisa saja lebih tricky. Gokomodo merangkum beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar aki kering bisa bertahan lama.

Hal-hal yang dapat aki kering kamu bertahan lama:

a. Rutin memanasi kendaraan

Jika kendaraan sering tidak dipakai, sebaiknya perlu memanaskan mesin dua hari sekali selama 10 menit yang berfungsi untuk mencapai suhu maksimal kendaraan sehingga tidak menyebabkan mogok ketika digunakan. Alangkah baiknya jika kendaraan rutin digunakan, sehingga kamu tahu bagaimana performa aki. 

b. Menjaga permukaan aki tetap bersih

Beberapa aki kering, misalnya jenis Valve Regulated Lead Acid (VRLA), terdapat kotoran menempel pada katupnya. Teknologi yang terdapat pada aki VRLA terpasang katup yang berfungsi menjaga cairan di dalam aki tidak menguap. Ketika katup tersebut kotor, maka proses penguapan akan terganggu sehingga menyebabkan aki tekor. 

c. Hindari memasang banyak aksesoris pada kendaraan

Memasang aksesoris memang diperbolehkan, akan tetapi kamu harus membatasi aksesoris yang memerlukan daya listrik yang besar. Terlalu banyak muatan listrik menyebabkan beban aki terlalu besar hingga menyebabkan umur aki tidak lama. 

d. Pastikan aki terpasang dengan benar

Pemasangan aki perlu ditambah dengan pengamannya seperti bracket atau wadah khusus di tempat mesin. Hal ini dilakukan untuk memastikan aki aman dari guncangan. Posisi bracket dan wadah tentunya bisa berubah karena medan yang ditempuh. Untuk itu, perlu rutin memeriksa baut pada bracket

e. Terminal aki harus tetap bersih

Terminal aki kerap berkerak yang disebabkan oleh proses penguapan elektrolit. Agar tetap bersih, kamu perlu menyiram air panas pada area yang berkerak hingga kerak menghilang. Setelah terminal sudah bersih, kamu bisa melumasi terminal dengan menggunakan grease

Pada dasarnya perawatan aki kering sangat mudah, namun diperlukan ketelitian dan ketekunan dalam pengecekannya. Jika sudah waktunya mengganti aki kering, kamu dapat membelinya melalui Corporate Commerce Gokomodo tentunya dengan harga mulai ratusan ribu saja. Tunggu apa lagi? Segera cek websitenya, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.