Diterbitkan 18 Jan 2023

Langkah Nyata Pertanian dan Perkebunan Indonesia untuk Tampil di Mata Dunia

News

Pertanian dan perkebunan di Indonesia berperan penting dalam menjadi penyumbang devisa negara dan penyerapan banyak tenaga kerja untuk mengurangi angka pengangguran setiap tahunnya. Tak hanya penting di dalam negeri, pertanian dan perkebunan Indonesia juga berpengaruh pada perekonomian di tingkat dunia. 

Indonesia memiliki bentang alam yang sangat luas sehingga mendapatkan gelar negara agraris. Hal ini karena lahan yang ada benar-benar dimanfaatkan untuk menghasilkan produk pertanian dan perkebunan dalam jumlah yang sangat besar. Contohnya untuk padi, menurut data BPS tahun 2022, Indonesia mampu menghasilkan 55,67 juta ton gabah kering giling (GKG) padi.

Produk Pertanian dan Perkebunan Unggulan

Di mata dunia, popularitas perkebunan Indonesia tidak diragukan lagi. Salah satunya dibuktikan oleh posisi Indonesia yang menjadi salah satu negara eksportir minyak sawit Crude Palm Oil (CPO) terbesar di dunia. Bahkan pada tahun 2018 lalu, ekspor CPO sudah mencapai 34 juta ton dengan nilai sekitar Rp270 triliun.  Selain itu, hasil perkebunan unggulan lainnya adalah karet, teh, kopi, kakao, cengkeh, tebu, dan kina. Bila diperhatikan lebih jauh, beberapa komoditas tersebut bahkan sudah menduduki peringkat 3 besar di dunia sebagai penghasil.

Sementara untuk pertanian, hasil unggulan Indonesia antara lain padi, jagung, kedelai, kacang tanah, ketela pohon, dan ubi jalar.

Indonesia Ingin Menjadi Lumbung Pangan Dunia

Selaras dengan popularitas produk pertanian dan perkebunan di mata dunia, Indonesia juga memiliki ambisi yang tinggi untuk menjadi lumbung pangan dunia. Dengan perkembangan ke arah yang lebih baik dari tahun ke tahun sehingga memungkinkan target ini untuk tercapai. Bahkan, Indonesia telah mencapai level swasembada kedelai pada tahun 2020 yang lalu. 

Ambisi yang kuat ini juga ditunjukkan dengan target swasembada produk pertanian lainnya. Mulai dari tahun 2024 untuk swasembada produk gula industri, hingga pada tahun 2045 Indonesia sudah siap untuk menjadi lumbung pangan dunia. Oleh karena target yang besar ini, peran serta semua pihak yang terlibat harus dilakukan secara tepat dan konsisten.

Indonesia Ingin Menjadi Rujukan Negara Lain

Selain memiliki produk unggulan dan visi untuk menjadi lumbung pangan dunia, Indonesia juga ingin menjadi rujukan negara lain dalam pembangunan dan pengembangan sektor agrikultur. Dalam hal ini, Indonesia kelak akan menjadi contoh atau acuan negara lain dan tentunya pertanian dan perkebunan Indonesia akan semakin menarik di mata dunia. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai pertanian dan perkebunan Indonesia di mata dunia. Supaya semua tujuan tersebut dapat tercapai, maka dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat sangatlah dibutuhkan.  

Tertarik dengan informasi seputar pertanian dan perkebunan? atau untuk pemenuhan kebutuhan dalam menunjang pertanian dan perkebunan? Gokomodo memiliki semuanya yang kamu butuhkan. Yuk, kunjungi website kami untuk informasi selengkapnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.