Diterbitkan 19 Apr 2023

Laptop Kamu Masih Lemot? Mungkin Cara Ini Bisa Membantu Loh!

Teknologi
Laptop lemot

Laptop sudah menjadi kebutuhan pokok di era digitalisasi ini. Tidak heran, penggunaan laptop sekarang ini sudah dimulai ketika bangku sekolah hingga dunia kerja Ketahui 7 Manfaat Laptop Berikut Ini! Seiring penggunaannya, laptop pasti akan mengalami beberapa masalah, yang paling umum yaitu laptop lemot.

Sebelum mengatasi lemot pada laptop, perlu diidentifikasi penyebabnya dan jenis laptop yang sedang digunakan. Mengatasi lemot pada laptop dengan Operating System contohnya Windows. Secara umum, laptop lemot dapat disebabkan karena kerja laptop terlalu berat, kapasitas hardisk terbatas sehingga free memory tersisa sedikit, RAM yang terlalu kecil, usia laptop yang sudah terlalu tua, dan virus. Nah, bagaimana untuk mengatasinya?

Jika kamu menggunakan laptop dengan Operating System (OS) Windows, kamu bisa menggunakan cara-cara berikut

  1. Hapus file sementara

File sementara atau temporary file adalah hasil ekstrak aplikasi yang berjalan. File ini akan menumpuk jika tidak segera dihapus. Untuk menghapusnya, kamu bisa akses dengan Windows + R > ketik %temp% > Ctrl + A > tekan Shift + Delete

  1. Tambah kapasitas RAM

Ada beragam kapasitas RAM yang sering digunakan pada laptop mulai dari 4 GB hingga 6 GB. Jika ingin menambah kapasitas RAM, pastikan laptopmu support penggantian RAM tersebut dan sesuaikan kapasitas maksimal RAM dengan kemampuan laptop.

  1. Ganti penyimpanan ke SSD

SSD merupakan teknologi terbaru penyimpanan data yang lebih canggih daripada HDD. Meskipun kapasitas memori SSD lebih sedikit dan lebih mahal dibandingkan HDD, namun performa transfer data SSD lebih unggul. 

  1. Rajin memperbarui Windows

Windows mengirimkan pemberitahuan untuk update OS secara berkala. Apabila pembaruan OS terlewatkan, maka akan menurunkan keamanan laptop dan menyebabkan laptop menjadi lemot.

Mengganti laptop lemot dengan laptop baru mungkin bisa menjadi pilihan terakhir ketika cara di atas sudah tidak bisa diaplikasikan pada laptopmu. Nantikan tips-tips seputar teknologi dan penerapannya pada sektor pertanian melalui website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.