Diterbitkan 16 May 2024

Masih Terpakai Hingga Sekarang! Ampuh Atasi Gulma dengan Herbisida Glifosat

Agri Edu
herbisida glifosat

Herbisida glifosat merupakan herbisida yang paling banyak digunakan di dunia, terbukti dengan permintaannya yang terus meningkat di negara-negara berkembang. Sebagaimana jenis herbisida lain, herbisida yang satu ini juga penting untuk mengendalikan gulma dan tumbuhan liar – Inilah Klasifikasi Gulma Perkebunan yang Perlu Kamu Tahu!.

Meski dampaknya mungkin tidak terlalu mematikan seperti hama, keberadaan gulma juga perlu dibasmi agar tidak mengganggu pertumbuhan. Nah, agar kualitas tanaman tidak menurun akibat keberadaan gulma, pastikan kamu cermat dalam memilih herbisida dan mengaplikasikannya dengan cara yang tepat.

Sumber

Herbisida glifosat termasuk salah satu herbisida sistemik yang dapat membasmi gulma hingga mematikan tunasnya. Namun, efek herbisida ini tidak akan merata jika tidak diberikan dengan cara yang tepat seperti pada petunjuk berikut.

Pertimbangkan Waktu 

Untuk memaksimalkan penggunaan herbisida glifosat, kamu perlu memilih waktu yang tepat saat pemberian. Hindari cuaca berangin atau hujan agar herbisida tidak terbawa angin maupun larut dalam air hujan. 

Selain itu, perlu diketahui bahwa glifosat menargetkan titik tumbuh dan jaringan fisiologis. Oleh karena itu, agar dapat bekerja dengan baik, kamu harus memberikan herbisida ini dalam keadaan pertumbuhan gulma yang masih aktif. 

Perhatikan Tempat

Herbisida glifosat biasanya dicampur dengan bahan pelarut seperti air bersih atau dengan jenis lain. Area yang akan disemprot harus dikeringkan terlebih dahulu sehingga saat proses penyemprotan, herbisida dapat terserap dengan baik. 

Berikan Secara Berkala

Herbisida glifosat termasuk herbisida sistemik yang baru akan efektif untuk mengendalikan pertumbuhan gulma dalam waktu tertentu. Biasanya herbisida jenis ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari untuk benar-benar memberikan efek nyata pada proses penghambatan gulma.

Oleh karena itu, kamu perlu memberikan herbisida glifosat secara berkala sesuai dengan petunjuk penggunaan di tiap kemasan. Jika ingin meningkatkan efektivitasnya, kamu juga bisa mengkombinasikan herbisida glifosat dengan herbisida jenis lain. Umumnya, para petani akan mencampurkan dengan herbisida klomazon yang diberikan pada permukaan tanah. 

Kombinasi tersebut dapat menghambat pembentukan karotenoid pada gulma yang cocok diberikan untuk gulma daun lebar dan golongan teki. Pilihan lainnya bisa juga dikombinasikan dengan herbisida metribuzin untuk menghambat proses fotosintesis pada gulma.

Rekomendasi Merk Herbisida Glifosat

1. Rexroot 480 SL

Rexroot 480 SL tersedia dalam kemasan botol berwarna kuning yang biasanya diaplikasikan pada kelapa sawit dan karet. Herbisida yang satu ini mengandung Isopropil Amina Glifosat 480 g/liter.

2. Supra 615 SL

Supra 615 SL mengandung glifosat berspektrum luas untuk mengendalikan gulma berdaun sempit maupun lebar. Kandungan glifosat yang bersifat sistemik pada produk ini cukup tinggi sehingga penggunaannya dapat lebih efisien.

3. Sidastar 300/100 SL

Sidastar 300/100 SL juga mampu mengendalikan gulma berdaun sempit maupun lebar. Herbisida ini akan bekerja secara selektif untuk mematikan seluruh bagian gulma tanpa merusak tanaman pokok. 

Bagaimana? Mudah bukan cara memaksimalkan penggunaan herbisida glifosat di atas? Nah, jika kamu tertarik membeli produk herbisida maupun produk pertanian lainnya, kamu bisa mengunjungi GokoMart Bodok yang terletak di Jl. Raya Sosok II, Palem Jaya, Kec. Parindu, Bodok, Kalimantan Barat 78561. Ingin respon cepat? Hubungi kami di 081112544406, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin