Diterbitkan 26 Jul 2023

Memperingati Hari Mangrove Sedunia 2023

Event
hari mangrove sedunia

Gokomodo mengucapkan selamat Hari Mangrove Sedunia pada tanggal 26 Juli 2023. Peringatan Hari Mangrove Sedunia dibuat dalam rangka meningkatkan kesadaran pentingnya tanaman mangrove untuk ekosistem alam.

Tanaman mangrove berfungsi menjaga ekosistem pesisir, karena dengannya ada tanaman mangrove membuat benteng alami yang melindungi pantai dari erosi, badai, dan gelombang tinggi. Ekosistem mangrove juga menyediakan habitat bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan, serta berperan dalam menyaring polutan dari air dan menyimpan karbon, yang membantu mengurangi dampak iklim.

Negara Indonesia memiliki hutan mangrove terbesar di dunia. Berdasarkan Peta Mangrove Nasional yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2021, mangrove Indonesia meliputi areal seluas 3.364.080 ha atau hampir seperempat mangrove dunia.

Cara merayakan Hari Mangrove Sedunia

Merayakan hari mangrove bisa dilakukan oleh setiap orang asal ada batasnya. Bagi kamu yang peduli akan lingkungan dan ingin merayakan Hari Mangrove Sedunia, Berikut berbagai cara untuk merayakannya:

  • Mengikuti kegiatan penanaman mangrove di daerah setempat
  • Restorasi hutan mangrove seperti semula
  • Melakukan pembibitan tanaman mangrove
  • Melakukan perluasan kawasan hutan mangrove
  • Tidak mencemari lingkungan di sekitar terutama pesisir
  • Melakukan pengelolaan tata ruang di kawasan sekitar pantai
  • Memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya eksistensi hutan mangrove.

Menarik sekali bukan? Semoga dengan adanya hari besar internasional ini membuat seluruh masyarakat baik di Indonesia maupun dunia lebih peduli lagi dengan lingkungan sekitar. Tertarik dengan artikel lainnya? Kamu bisa membaca artikel ini – Memperingati Hari Perkebunan Ke-65, Gokomodo Siap Bantu Sektor Agribisnis Semakin Kuat. Simak terus artikel menarik lainnya di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin