Diterbitkan 28 Nov 2023

Mengapa Keberadaan Kelompok Tani dan Gapoktan Penting?

Agri Edu
kelompok tani

Dalam suatu wilayah biasanya ada lebih dari satu petani, peternak, atau pekebun yang menjalankan aktivitas yang sama. Apalagi aktivitas tersebut biasanya dilakukan berdasarkan kondisi geografis suatu wilayah sehingga terdapat para petani, peternak, maupun pekebun yang bekerja bersama.

Untuk menjalin hubungan baik antar petani, mereka akan membuat sebuah kelompok yang disebut dengan kelompok tani. Berikut pengertian lebih lanjut mengenai perkumpulan petani dan pentingnya kamu bergabung.

Pengertian Kelompok Tani dan Gapoktan

Kelompok tani merupakan kumpulan petani, peternak, maupun pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan dan kondisi lingkungan (sosial, ekonomi, sumberdaya). Pengertian ini dihimpun dalam SK Menteri pertanian RI Nomor: 273/Kpts/OT.160/4/2007 untuk menjalin keakraban dan mengembangkan usaha anggotanya.

Sumber: Detik News

Adapun Gapoktan merupakan akronim dari Gabungan Kelompok Tani dimana beberapa kelompok petani yang bergabung dalam suatu perhimpunan. Bergabungnya kelompok ini diharapkan mampu terjalin kerjasama sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha anggotanya.

Fungsi Kelompok Tani dan Gapoktan

Secara sekilas kelompok tani memang tidak begitu diperhatikan keberadaannya karena hanya sebuah organisasi non formal di pedesaan. Namun lebih daripada itu, fungsi kelompok tani ini sangat penting karena ditumbuhkembangkan dari, oleh, dan untuk petani.

1. Kelas Belajar

Berkumpulnya beberapa orang dengan profesi yang sama memungkinkan mereka berbagi pikiran dan berdiskusi mengenai rutinitas mereka. Kondisi tersebut membuat kelompok petani menjadi wadah belajar mengajar bagi anggotanya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Semakin tumbuh dan berkembangnya kemandirian dalam usaha bertani diharapkan mampu meningkatkan produktivitas. Dengan demikian, pendapatan juga dapat bertambah dan kehidupan menjadi lebih sejahtera.

2. Wahana Kerjasama

Anggota kelompok petani yang dikumpulkan dalam suatu wadah dimana mereka dapat menyampaikan keinginannya membuat mereka juga dapat menjalin kerjasama. Kerjasama ini diharapkan mampu membuat usaha tani menjadi lebih efisien dan dapat menghadapi ancaman, tantangan, hambatan, maupun gangguan.

3. Unit Produksi

Usaha tani yang dilaksanakan masing-masing anggota kelompok secara keseluruhan dapat dipandang sebagai usaha yang menjanjikan. Apabila para anggota mampu mengembangkannya dengan baik maka dapat mencapai skala ekonomi, baik dari segi kuantitas, kualitas, maupun kontinuitas.

Fungsi Gapoktan

  • Mempermudah penyaluran saprotan (pupuk bersubsidi, benih bersertifikat, pestisida, dan lainnya) sehingga dapat diperoleh petani melalui kelompoknya. Dengan demikian petani mampu memperoleh produk-produk aman dan berkualitas dengan cara yang legal terutama pada produk subsidi pemerintah.
  • Dapat berperan sebagai penyedia modal usaha dan menyalurkannya sebagai pinjaman kepada petani yang membutuhkan. Pemberian pinjaman ini dilakukan sedemikian rupa agar dapat membantu petani sekaligus tidak memberatkan ketika dalam proses pelunasan.
  • Dana usaha yang dikumpulkan dari anggota dapat digunakan untuk membeli alat yang dapat digunakan untuk mengolah produk. Para anggota dapat menggunakannya secara bergantian seperti penggilingan, pengolahan, pengepakan, dll.
  • Gapoktan dapat membuat usaha perdagangan untuk memasarkan atau menjual produk petani kepada pedagang maupun industri hilir. Keberadaan gapoktan ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak konsumen sehingga menambah penghasilan petani.
  • Setiap kelompok biasanya memiliki keunggulan masing-masing baik berupa produk, sumberdaya, maupun kepemilikan lainnya. Oleh karena itu, Gapoktan dapat memberdayakan tani tersebut berdasarkan keunggulannya sehingga dapat memberikan peran yang tepat.
  • Dengan mengetahui setiap potensi kelompok tani maka Gapoktan dapat memaksimalkan peran dan fungsi tiap kelompok. Usaha ini selanjutnya mampu mengembangkan agribisnis sekaligus penguatan kelompok sehingga menjadi organisasi yang kuat dan mandiri.

Itu dia pengertian kelompok tani dan gapoktan yang perlu kamu ketahui. Ketahui Peran Penting Kelompok Tani Beserta Fungsinya di website Gokomodo untuk informasi selengkapnya. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin