Diterbitkan 5 Dec 2023

Menjaga Kesuburan Tanah : Upaya Meggemakan Hari Tanah Sedunia!

Agri Edu
Hari tanah sedunia

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), melalui Organisasi Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization/FAO) menetapkan tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Tanah Sedunia atau World Soil Day (WSD). Tanggal tersebut di rayakan setiap tahun dan dijadikan sebagai sarana untuk menggemakan pentingnya kesehatan tanah. Selain itu, kampanye ini sekaligus mengadvokasi pengelolaan sumber daya tanah yang berkelanjutan dengan melibatkan warga di seluruh dunia untuk meningkatkan kesehatan tanah. 

Peringatan Hari Tanah Sedunia ini direkomendasikan oleh International Union of Soil Sciences (IUSS) pada tahun 2002 dengan harapan mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencapai sistem pertanian pangan berkelanjutan.  Secara resmi pertama kali Hari Tanah Sedunia diselenggarakan pada tahun 2014. Peringatan tersebut untuk mengingat betapa pentingnya tanah sebagai komponen penting dari sistem alam dan juga kontributor penting untuk kesejahteraan hidup manusia.

Hari Tanah Sedunia 2023 dirayakan dengan “Soil and water, a source of life” atau yang artinya “Tanah dan air, sumber kehidupan”. Lebih dari 95 persen makanan terbentuk dari air dan tanah. Air dan tanah berfungsi sebagai media penyerap nutrisi untuk tanaman. Sehingga hubungan antara air dan tanah merupakan hubungan simbiosis yang mengikat satu sama lain sekaligus sebagai fondasi kekuatan sebuah sistem pertanian dan kelangsungan hidup makhluk hidup.

Perubahan iklim dan aktivitas manusia, menyebabkan tanah mengalami degradasi dan memberikan tekanan yang berlebihan pada sumber daya air. Erosi dapat mengganggu keseimbangan alam, mengurangi resapan air dan ketersediaan air untuk semua bentuk kehidupan. Sehingga diperlukan adanya pengelolaan tanah yang berkelanjutan. Selain sebagai upaya melawan perubahan iklim, pengelolaan tanah juga berperan melestarikan keanekaragaman hayati tanah, meningkatkan kesuburan, dan berkontribusi terhadap penyerapan karbon. 

Sumber: Kompasiana

Ciri-Ciri Dari Tanah Yang Subur

  1. Tekstur dan struktur tanahnya baik, yaitu butir-butir tanahnya terlalu besar dan terlalu kecil.
  2. Banyak mengandung garam berfungsi sebagai makanan tumbuhan.
  3. Banyak mengandung air yang berfungsi sebagai pelarut unsur-unsur garam dalam tanah.
  4. Permeabilitas tanah, yaitu kemampuan pori-pori tanah untuk meresap air.
  5. Panah subur banyak mengandung humus tebal berwarna gelap yang berfungsi mempermudah tanaman tumbuh dengan baik.

Cara Menjaga Kesuburan Tanah

Berikut beberapa cara untuk menjaga kesuburan tanah, diantaranya adalah : 

  1. Pemupukan organik, merupakan upaya penambahan unsur hara esensial dari luar dengan menggunakan bahan-bahan atau pupuk organik.
  2. Mengurangi penggunaan pestisida atau bahan kimia lainnya. Bahan kimia dan pestisida yang digunakan secara berlebihan dapat memicu degradasi tanah baik itu dari sisi fungsional, kesuburan dan kesehatannya. Sehingga disarankan untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia dalam tanah.
  3. Tidak membuang sampah sembarangan. Sampah nonorganik merupakan salah satu faktor penyebab turunnya produktivitas tanah karena mengganggu kesuburan tanah. Pembuangan sampah nonorganik membuat tanah sulit mengurai sampah tersebut. Akibatnya, proses kerja dalam tanah pun berkurang sehingga mengakibatkan kesuburan tanah menurun.
  4. Membuat trasering. Terasering merupakan metode mekanik dalam konservasi tanah dengan membentuk teras-teras untuk mengurangi panjang lereng. Hal ini memiliki tujuan agar tanah mudah menyerap air dan meningkatkan kesuburan tanah.

Selain cara-cara diatas, perlu kamu ketahui secara teoritis bahwa pengelolaan tanah berkelanjutan dapat dilakukan diantaranya dengan pengolahan tanah minimum, rotasi tanaman, penambahan bahan organik, penanaman penutup tanah, meningkatkan kesehatan tanah, mengurangi erosi dan polusi, serta meningkatkan infiltrasi dan penyimpanan air. 

Nah itulah serba-serbi tentang hari tanah sedunia beserta ciri-ciri tanah yang subur dan cara menjaga kesuburan tanah. Selamat Hari Tanah Sedunia. Harapannya, melalui peringatan Hari Tanah Sedunia 2023 ini, masyarakat dapat memberdayakan dan mengelola kesehatan tanah dengan baik.

Sekedar informasi tambahan, kamu dapat menggali informasi dan tips lainnya dengan mengunjungi website Gokomodo. Juga tersedia berbagai macam produk yang kamu cari tersedia lengkap di Gokomodo segera kunjungi website GokoBiz Selamat berselancar!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin