Diterbitkan 9 Feb 2023

Menyokong Perekonomian Negara Melalui Agrikultur

News
Menyokong ekonomi negara melalui agrikultur

Indonesia memiliki banyak lahan pertanian yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan negara. Sekitar kurang lebih 100 juta jiwa rakyat Indonesia merupakan pekerja di sektor agrikultur dan meskipun berprofesi sebagai petani yang berada pada level menengah-kecil, pekerja di sektor ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi di Indonesia. 

Demi meningkatkan perekonomian, pemerintah telah mencanangkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) maupun korporasi. Program PEN juga menstimulus kinerja sektor agrikultur dengan Program Padat Karya Pertanian, Program padat Karya Perikanan, Banpres Produktif UMKM Sektor Pertanian, dan Subsidi Bunga Mikro/Kredit Usaha Rakyat.

Selain PEN, pemerintah juga meluncurkan beberapa program yang mendukung agrikultur di Indonesia, seperti:

  1. Meningkatkan kerjasama antara petani dan nelayan sehingga menciptakan sistem agribisnis hulu-hilir yang terfokus pada pemberdayaan petani dan nelayan
  2. Mengembangkan klaster bisnis padi dengan pendekatan pengelolaan lahan yang awalnya tersegmentasi menjadi terpusat pada satu area.
  3. Meningkatkan kawasan hortikultura yang berorientasi pada ekspor hasil pertanian dengan model kemitraan CSV (Creating Shared Value) yang melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan petani.
  4. Membuat kemitraan yang bersifat inklusif Closed Loop untuk komoditas hortikultura sebagai wujud implementasi sinergi akademisi, pengusaha, pemerintah, dan komunitas.
  5. Program 1.000 Desa Sapi yang bertujuan untuk meningkatkan populasi dan produktivitas sapi
  6. Memperluas industri rumput laut nasional agar produksi rumput laut dalam negeri meningkat secara signifikan

Selain program pemerintah yang disebutkan diatas, sangat penting untuk mengembangkan literasi digital dalam sektor agrikultur. Diharapkan dengan adanya literasi digital akan berdampak pada kemajuan pada lingkup agrikultur secara menyeluruh. Itulah sekilas informasi mengenai bagaimana sektor agrikultur dapat menyokong perekonomian di Indonesia, kunjungi website Gokomodo untuk artikel informatif lainnya.

ARTIKEL LAINNYA: Ketahui Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.