Diterbitkan 19 Jun 2023

Mudah Sekali! Begini Cara Membuat Pestisida Organik

Tips / Tutorial
cara membuat pestisida organik

Upaya pengendalian hama bisa dilakukan dengan dua jenis pestisida, yaitu pestisida kimia dan pestisida organik. Untuk pestisida organik, kamu bahkan bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah dijumpai di dapur.

1. Bawang putih

Penggunaan bawang putih sebagai pestisida didasarkan pada sifat antivirus, antibakteri dan antijamur alami yang dimilikinya. Bahkan, bawang putih dapat digunakan untuk mengusir lalat kumbang, kutu daun, dan kupu-kupu putih. 

Cara membuatnya juga mudah. Kamu cukup menyiapkan dua bonggol bawang putih, lalu kupas kulitnya hingga bersih. Setelah itu, haluskan dengan alat tumbuk atau blender dan campur dengan 10 ml sabun cair, 50 ml minyak sayur, dan 1 liter air dalam wadah.

Setelah semua bahan diaduk rata, diamkan selama satu hari hingga bahan pestisida terfermentasi dengan baik. Selanjutnya, apabila akan digunakan, cairkan setiap 50 ml pestisida organik bawang putih dengan satu liter air, aduk merata dan semprotkan ke tanaman.   

2. Jahe 

Jahe merupakan rempah yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya dimanfaatkan dalam hal kesehatan tubuh, jahe juga bisa diracik menjadi pestisida organik untuk mengusir serangga yang mengganggu tanaman, seperti ulat bulu.

Kamu cukup memarut satu ruas jahe dan mencampurkannya dengan satu liter air di dalam wadah. Setelah itu, diamkan larutan selama satu malam dan saring hingga tersisa hanya air larutannya saja. Pestisida jahe siap disemprotkan pada tanaman.

3. Daun pepaya 

Bagi sebagian orang, daun pepaya merupakan bahan yang memiliki cita rasa khas sebagai lauk makan. Namun ternyata, kandungan zat aktif berupa alkaloid, enzim papain, dan glikosid juga dapat digunakan untuk mengendalikan hama seperti rayap dan ulat bulu. 

Untuk membuatnya, bisa menyiapkan 100 gram daun pepaya dan haluskan dengan blender. Setelah itu, campurkan dengan satu liter air dan diamkan larutan selama dua malam. Terakhir, saring untuk mengambil air larutannya saja dan langsung semprotkan ke tanaman. 

4. Jeruk nipis 

Bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat pestisida organik adalah jeruk nipis. Bahan ini memiliki aroma yang tidak disukai lalat buah sehingga serangga tersebut tidak akan mendekati tanaman. Cara menggunakannya dengan memeras lima buah jeruk nipis, lalu campurkan dengan 20 lembar daun jeruk nipis yang sudah ditumbuk hingga halus dalam wadah.

Selanjutnya tambahkan tiga sendok makan gula pasir, dua sendok makan EM4 serta empat liter air bersih. Kemudian diamkan campuran bahan selama empat sampai lima hari dalam wadah yang tertutup sebelum diaplikasikan.

Itu dia 4 bahan alami yang dapat digunakan sebagai pestisida organik. Baca juga artikel Beginilah Cara Kerja Pestisida pada Tanaman agar lebih paham mengenai mekanisme yang terjadi. Kunjungi website Gokomodo untuk artikel menarik lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.