Diterbitkan 14 Apr 2023

Musim Mudik, Simak Persiapan Sepeda Motor Sebelum Berkendara!

Teknologi

Pulang kampung, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mudik, merupakan budaya masyarakat Indonesia setiap tahun menjelang hari raya keagamaan. Tradisi ini sempat dilarang oleh pemerintah dikarenakan jumlah kasus COVID-19 ada pada puncaknya. Pada tahun 2021, masyarakat diperbolehkan untuk mudik kembali. 

Banyak pilihan transportasi yang digunakan untuk mudik mulai dari kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil, hingga transportasi umum seperti kereta api, pesawat terbang, bus, dan masih banyak lagi. Menurut survey Kementrian Perhubungan pada tahun 2022,17 juta pemudik menggunakan sepeda motor. Hal ini karena dinilai sepeda motor termasuk kendaraan yang praktis dan mudah digunakan. Jumlah ini tentu bisa meningkat pada mudik tahun 2023.

Perlengkapan berkendara sesuai dengan SNI

Perjalanan jarak jauh pastinya sangat beresiko untuk para pengendara sepeda motor. Sebaiknya menggunakan peralatan berkendara sesuai dengan SNI agar keselamatan tetap terjaga. Pastikan helm sudah ber-SNI, visor helm dalam keadaan tertutup, dan tali helm terpasang dengan baik. Jangan lupa gunakan jaket atau baju lengan panjang, celana panjang, dan alas kaki tertutup agar tubuh terlindungi dengan maksimal. 

Kondisi kendaraan

Kendaraan yang akan dipakai untuk perjalanan jarak jauh baiknya dilakukan pengecekan suku cadang bahkan servis berkala. Bagian krusial yang perlu kamu cek seperti ban, aki, busi, rantai, oli, rem, lampu, dan karburator motor. Salah satu persiapan yang bisa kamu lakukan di rumah yaitu mengisi aki motor sebelum digunakan – Inilah Cara Mengisi Ulang Daya Aki Kering dengan Benar!

Kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh tidak kalah pentingnya dengan mempersiapkan kendaraan dalam kondisi prima. Konsumsi vitamin, makan dan minum, serta tidur yang cukup sudah membantu menjaga kondisimu agar tetap fit selama perjalanan mudik. Posisi tubuh saat berkendara juga mempengaruhi kondisi kesehatanmu dan keseimbangan saat berkendara. Saat berkendara disarakan seluruh tubuh tetap rileks dan mencari posisi duduk yang nyaman.

Pemahaman rute dan medan yang ditempuh

Memahami rute dan medan yang akan dilalui mempermudahmu mengurangi was-was di jalan sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Penguasaan medan dan rute membantumu mengambil keputusan saat mengalami macet atau memilih jalan alternatif untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh. Jangan lupa selalu patuhi rambu lalu lintas di jalan.

Sesuaikan waktu perjalanan

Pemilihan dan manajemen waktu saat mudik sangat mempengaruhi kondisi fisik dan psikis pengendara. Disarankan mudik jauh-jauh hari sebelum hari raya dan menghindari malam hari agar supaya tidak tergesa-gesa. Pemberian tenggat waktu istirahat pada saat perjalanan mudik perlu dipertimbangkan. Jadi, bijaklah dalam mengatur waktu saat mudik.

Persiapan berkendara dengan baik bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan atau terjadinya hal-hal lain yang tidak diinginkan. Tetap waspada dan simak tips lainnya melalui website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.