Diterbitkan 24 May 2024

NPK Cair Semakin Diminati! Apa dan Bagaimana Fungsinya?

Agri Edu
NPK Cair

Kebanyakan penggunaan pupuk NPK cair pada tanaman yang biasanya dibudidayakan di perkebunan skala besar. Lalu, apakah bisa Pupuk NPK ini digunakan untuk tanaman hortikultura yang dibudidayakan di rumah? Tentu saja bisa, ya. Semua tanaman harus terpenuhi kebutuhan unsur hara makro seperti nitrogen, fosfat, dan kalium yang tersedia dalam Pupuk NPK ini. Setiap Pupuk NPK memilki formulasi yang berbeda-beda menyesuaikan dengan jenis tanaman. Kali ini, Gokomodo akan spill Pupuk NPK yang cocok untuk tanaman hortikultura. 

Pupuk NPK Cair Top Grow 6-4-3

Sumber: Marketplace

Pupuk NPK Top Grow 6-4-3 merupakan Pupuk NPK dengan warna hijau jernih. Pupuk ini cocok untuk digunakan pada tanaman hortikultura, spesifiknya sayur-sayuran dan buah-buahan. NPK Top Grow 6-4-3 mengandung unsur nitrogen 6%, fosfat 4%, dan kalium 3% serta dilengkapi dengan unsur hara mikro seperti besi, boron, mangan, kobalt, molybdenum, seng, dan tembaga. Manfaat penggunaan pupuk ini yaitu:

  • Kandungan kalium membantu memperbanyak dan meningkatkan kualitas hasil panen. Kalium berperan sebagai pembungaan dan pengisian buah sehingga hasil panen berkualitas.
  • Kandungan fosfat dalam Pupuk NPK Top Grow 6-4-3 membantu proses pernafasan pada tanaman, pembelahan sel, serta meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman. 

Apabila tanaman terdeteksi kekurangan magnesium, boleh ditambahkan larutan magnesium sulfat pada larutan Pupuk NPK Top Grow 6-4-3 tanpa khawatir mengurangi efektifitas pupuk. 

Pupuk NPK Cair Bio Chloe Gardening

Sumber: Marketplace

Pupuk NPK Cair Bio Chloe Gardening menjadi salah satu Pupuk NPK ini cocok digunakan untuk semua jenis tanaman, termasuk tanaman hortikultura. Bio Chloe Gardening mengandung unsur hara makro seperti nitrogen 16,2%, fosfat 15,5%, dan kalium 25,4% serta unsur hara mikro yang terdiri dari magnesium, boron, kalsium, dan besi. Pupuk Bio Chloe Gardening juga dilengkapi degan ZPT, asam giberaline, dan hormon auksin sebagai perangsang tumbuhnya bunga dan buah. Manfaat yang diperoleh dengan menggunakan Pupuk Bio Chloe Gardening antara lain:

  • Merangsang perakaran, pembentukan daun, serta mempercepat pertumbuhan tanaman.
  • Membantu proses pernafasan, meningkatkan kualitas perkecambahan bibit, perkembangan akar, dan biji. 
  • Menambah imunitas tanaman terhadap penyakit.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Pupuk Bio Chloe Gardening tersedia dalam kemasan 250 ml dan 500 ml. Sebaiknya penggunaan Pupuk Bio Chloe Gardening menyesuaikan instruksi yang ada pada kemasan, ya.

Pupuk NPK Cair Extra Green

Pupuk NPK Cair Extragreen merupakan salah satu pupuk pelengkap cair yang mengandung unsur hara makro dan unsur hara mikro. Di dalam Pupuk NPK Cair Extragreen terkandung nitrogen 5.28%, fosfor 2,74%, kalium 14,16% sebagai unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk Extragreen juga dilengkapi dengan unsur hara mikro seperti magnesium 12,34%, selenium 14,2%, kalsium 15,17%, dan boron 1,26%. Unsur hara tersebut tentu memberikan manfaat bagi tanaman, berupa:

  • Membantu mempercepat pertumbuhan batang, daun, bunga, dan pertumbuhan sistem perakaran tanaman.
  • Menambah sistem daya tahan pada tanaman terhadap segala jenis penyakit, hama, dan organisme pengganggu tanaman lainnya.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Pupuk NPK Cair Extragreen cocok digunakna untuk tanaman sayuran dan tanaman hortikultura lainnya. Secara keseluruhan, Pupuk NPK Cair memang cocok untuk tanaman hortikultura. Pupuk NPK Cair membantu pertumbuhan vegetatif dan generatif sehingga hasil panen juga berkualitas. Selain Pupuk NPK Cair, sebaiknya kamu juga membaca artikel Perlunya Mengetahui Sifat dan Karakteristik Pupuk Organik Cair untuk Produktivitas dan artikel seputar pupuk lainnya di blog Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin