Diterbitkan 28 Dec 2023

Panduan Lengkap Penanganan Keracunan Akibat Pestisida

Tips / Tutorial
penanganan pestisida

Pestisida merupakan segala jenis zat kimia, jasad renik, dan virus yang digunakan untuk  memberantas hama dan penyakit pada tanaman. Pestisida digunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari dan dapat diterapkan di berbagai sektor, termasuk pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan. 

Meskipun pestisida dirancang untuk memberikan manfaat yang besar, perlu disadari bahwa penggunaannya juga dapat membawa dampak negatif. Hal ini karena masih adanya risiko keracunan pestisida yang bisa dialami oleh manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Proses masuknya pestisida secara langsung dapat terjadi melalui beberapa jalur, secara oral melalui mulut dan sistem pencernaan, melalui kontak langsung dengan kulit, inhalasi melalui hidung dan sistem pernafasan, serta melalui mata. Di sisi lain, masuknya pestisida secara tidak langsung terjadi ketika manusia mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh pestisida.

Ciri-ciri Keracunan Pestisida 

Gejala-gejala keracunan pestisida umumnya meliputi kelesuan, sakit kepala, mual, dan gejala lainnya seperti kejang, muntah, serta kesulitan bernapas. Pengaruhnya dapat berbeda-beda pada setiap individu, tergantung pada kondisi kesehatan dan tingkat keparahan keracunan yang dialami. Gejala yang muncul, seperti mata terasa gatal, pandangan kabur, dan pingsan, menunjukkan variasi respon tubuh terhadap paparan pestisida.

Keracunan akibat pestisida pada manusia umumnya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai sifat pestisida dan keyakinan bahwa pestisida hanya berdampak pada hama tanaman. Faktor lain yang dapat memicu keracunan adalah kondisi kesehatan yang buruk saat menggunakan pestisida. Kondisi kesehatan yang kurang baik dapat mengakibatkan penurunan konsentrasi, sehingga menjadi sangat berisiko saat bersentuhan dengan bahan-bahan beracun. 

Seringkali, keracunan pestisida terjadi akibat kecerobohan dalam mengaplikasikan pestisida. Misalnya, pengguna merasa aman tanpa mengenakan peralatan pelindung yang disarankan dan mengabaikan petunjuk aplikasi yang benar. 

Penanganan Keracunan Pestisida 

  1. Kontak dengan mata

Untuk pertolongan pertama pada kasus keracunan pestisida pada mata, disarankan untuk mencuci mata yang terkena pestisida dengan air bersih yang mengalir selama minimal 15 menit. Setelah itu, mata sebaiknya ditutup menggunakan kain kasa bersih tanpa menggunakan obat tetes mata. Dalam situasi darurat, segera membawa penderita ke petugas kesehatan terdekat, dan jangan lupa membawa label pestisida yang digunakan.

  1. Terhirup

Dalam keadaan terhirup atau terhisap, tindakan pertolongan pertama yang direkomendasikan adalah dengan memindahkan korban ke tempat yang teduh dan berudara segar. Selanjutnya, longgarkan pakaian korban untuk memastikan pernapasannya tidak terhambat, lalu bantu pernapasannya dengan menggerakkan tangan naik-turun. Dalam situasi ini, penting untuk segera menghubungi petugas kesehatan terdekat.

  1. Kontak dengan kulit

Penanganan paparan pestisida pada kulit dapat dilakukan dengan melepaskan pakaiannya. Selanjutnya, mencuci kulit yang terkena pestisida dengan air bersih dan sabun, diikuti dengan pengeringan kulit menggunakan handuk, dan penggunaan pakaian yang bersih. Penting untuk tidak mengoleskan bahan lain pada kulit yang terpapar, terutama yang mengandung minyak. Selain itu, disarankan untuk membawa atau berkonsultasi dengan petugas kesehatan terdekat.

  1. Tertelan

Dalam memberikan pertolongan pada kasus keracunan pestisida yang tertelan, langkah awal adalah mengidentifikasi jenis pestisida yang tertelan. Selanjutnya, periksa label untuk memastikan apakah pemuntahan dapat dilakukan. Jika pemuntahan dapat dilakukan, berikan korban minum air hangat dicampur dengan satu sendok makan garam dapur. 

Selanjutnya, berikan arang aktif (norit) sebanyak tiga sendok makan dalam setengah gelas air minum, dan proses ini dapat diulang sesering mungkin. Penting untuk segera menghubungi petugas kesehatan terdekat dan membawa label pestisida yang tertelan. 

Penting untuk selalu memperlakukan pestisida dengan hati-hati dan waspada karena bahan tersebut tetap memiliki potensi bahaya bagi manusia. Selain itu, penanganan keracunan akibat kontak langsung dengan pestisida memerlukan respons cepat dan tindakan yang tepat. 

Untuk menambah informasi, baca juga Pahami dengan Baik Pedoman Mencampur Pestisida Tepat dan Aman di website Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin