Diterbitkan 29 Sep 2023

Pelajari Lebih Jauh Tentang Jenis tanaman Tembakau

Agri Edu
jenis tanaman tembakau

Tembakau menjadi salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tingginya permintaan pasar terhadap daun tembakau membuat komoditas ini tetap menjadi prioritas petani di berbagai daerah. Namun, tahukah kamu jika tembakau memiliki banyak jenis yang berbeda? Kali ini, Gokomodo akan menjelaskan tentang jenis tanaman tembakau yang biasa ditanam para petani. Simak informasi selengkapnya di bawah ini, yuk!

Jenis Tanaman Tembakau

Berikut adalah jenis-jenis tanaman tembakau yang perlu kamu ketahui.

1. Tembakau Virginia 

Pertama ada tembakau Virginia, tanaman tembakau yang paling banyak diproduksi di dunia sebagai bahan baku pembuatan rokok ringan dan cerutu. Tembakau jenis ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga aman memberikan rasa manis ketika dinikmati. 

Sumber: IStock

2. Tembakau Oriental 

Berikutnya ada tembakau Oriental atau yang dikenal sebagai “Turkish tobacco”. Tembakau jenis ini memiliki aroma dan rasa yang khas karena banyak ditemukan tumbuh di wilayah Timur Tengah, terutama di Turki dan Yunani. Umumnya, jenis tembakau ini digunakan dalam pembuatan rokok dan cerutu.  

3. Tembakau Dark Fired 

Tembakau Dark Fired merupakan salah satu jenis tembakau yang diproses melalui pengeringan dengan paparan api atau asap secara langsung. Melalui proses tersebut, tembakau jenis ini akan memiliki cita rasa yang kaya serta aroma yang sangat khas. Sama dengan jenis sebelumnya, tembakau Dark Fored juga banyak dipakai dalam industri cerutu.

4. Tembakau Maryland  

Berasal dari wilayah Maryland dan Virginia di Amerika Utara, jenis Tembakau Maryland kini telah banyak ditanam di beberapa negara. Jenis tembakau dengan daun tipis yang berwarna terang ini biasanya diolah menjadi bahan kombinasi dalam tembakau kretek dan cerutu.

5. Tembakau Burley  

Jenis tembakau lainnya adalah Tembakau Burley. Tembakau dengan kandungan nikotin dan gula yang lebih rendah dari tembakau Virginia ini memiliki rasa yang lebih tajam. Tak heran, jenis satu ini seringkali digunakan dalam pembuatan rokok pipa, cerutu, dan tembakau kunyah.

Jenis Tanaman Tembakau di Indonesia

Selain jenis di atas, ada beberapa jenis tanaman tembakau lain yang banyak ditanam di Indonesia. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Sumber: IStock

1. Tembakau Rakyat

Jenis yang pertama adalah tembakau rakyat. Jenis tanaman tembakau ini merupakan cikal bakal bahan dasar rokok kretek yang memiliki aroma khas harum. Dinamakan tembakau rakyat karena pada zaman dahulu, proses penanaman dan pengolahan tembakau jenis ini dilakukan oleh petani yang berasal dari Jawa Tengah.

2. Tembakau Deli

Berikutnya adalah tembakau deli yang juga dikenal sebagai tembakau sumatera. Jenis tembakau ini banyak digunakan sebagai bahan pembungkus cerutu. Tak heran, tembakau deli memiliki julukan “the first top of wrapper cigar tobacco” yang bersaing dengan tembakau dari Havana dan Kuba.

3. Tembakau Lumajang

Jenis tanaman tembakau selanjutnya adalah tembakau yang hanya berada di Lumajang. Tembakau yang dikenal dengan sebutan tembakau “sawah” atau “tegal” ini memiliki ukuran fisik yang relatif tinggi dan ramping. Tembakau lumajang memiliki jumlah daun rata-rata sebanyak 20–28 helai dengan warna yang beragam. Ada warna merah muda, merah tua, biru muda sedikit pucat, hingga warna biru tua.

4. Tembakau Besuki

Apakah kamu pernah mendengar jenis tanaman tembakau besuki? Rupanya, jenis satu ini merupakan tanaman tembakau yang banyak ditanam di wilayah Besuki, Jawa Timur. 

Selain memiliki tampilan yang ramping, tembakau besuki juga memiliki aroma yang cukup harun dan lembut. Tak heran, jenis tembakau inilah yang sangat cocok dijadikan bahan pembalut atau pembungkus rokok cerutu.

5. Tembakau Vorstenlanden

Terakhir adalah tembakau vorstenlanden yang  dibudidayakan di Yogyakarta, Klaten, dan Surakarta. Jenis tembakau ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembalut dan pembungkus cerutu. Sayangnya, budidaya tembakau jenis ini sudah mulai jarang dijumpai saat ini.  

Dari informasi di atas, sekarang kamu jadi tahu mengenai berbagai jenis tanaman tembakau yang ada, bukan? Nah, jika kamu masih ingin tahu lebih banyak, baca juga artikel Kiat-kiat dalam Budidaya Tanaman Tembakau berikut, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin