Diterbitkan 3 Jul 2023

Pelaporan Mandiri Industri Sawit Mulai Dilaksanakan Juli 2023

News
pelaporan mandiri industri sawit

Semakin banyaknya industri kelapa sawit, sudah sewajarnya regulasi industri ini diperbarui sesuai dengan kebutuhan pasar. Salah satu regulasi yang diperbarui yaitu sertifikasi industri sawit yang menjadikan produk sawit Indonesia unggul di pasar Internasional – Mengenal ISPO: Sertifikasi Perusahaan Kelapa Sawit Lokal yang Diakui Pasar Internasional. Selain ISPO, pemerintah Indonesia mencanangkan pelaporan mandiri perusahaan sawit secara online. 

Intruksi pelaporan mandiri industri sawit

Program pemerintah untuk mendata industri sawit sebenarnya sudah dijalankan sejak tahun 2018 melalui website dan aplikasi Sistem Perizinan Perkebunan  (SIPERIBUN). SIPERIBUN diinisiasi oleh Ditjen Perkebunan, UKP4, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Kantor Staf Presiden yang sekarang lebih dikenal dengan OSS. Fungsi SIPERIBUN untuk mengintegrasikan seluruh data perizinan usaha perkebunan di tingkat nasional serta mempermudah koordinasi antara kementerian dan pemerintah daerah. 

Pendaftaran mandiri awalnya berjalan dengan baik, hingga ditemukan beberapa data yang tidak sinkron dengan data sebenarnya. Data yang dimiliki oleh negara, ada data BPKP, data PBB, data pajak, data HGU, data izin lokasi, dan data izin usaha perkebunan, banyak sekali data tersebut yang tidak sinkron satu dengan yang lain. Untuk pelaporan pada 3 Juli 2023, menargetkan pelaporan mandiri ini tidak hanya pada level perusahaan besar saja, melainkan hingga level koperasi dan masyarakat petani. 

Menurut Heru Tri Widarto, Sesditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, jumlah perusahaan yang sudah melakukan pelaporan mandiri sebanyak 415 dari 2.466 perusahaan hingga bulan Juni 2023. “Sebagian besar perusahaan sawit yang mendaftar SIPERIBUN merupakan anggota GAPKI. Karena Ditjenbun telah melakukan sosialisasi bersama GAPKI terkait SIPERIBUN,” tambah Heru.

Pelaporan mandiri dan pendataan industri sawit bertujuan untuk menata ulang tata kelola industri sawit di Indonesia. Selain itu, pelaporan mandiri termasuk dalam strategi pemerintah untuk penguatan perkebunan nasional. Dengan diberlakukannya SIPERIBUN, Indonesia mulai siap memasuki era pertanian digital. Tertarik dengan artikel seputar digitalisasi pertanian? Pantau terus update seputar agrikultur setiap hari di website Gokomodo, ya! Banyak artikel yang dapat menambah wawasan kamu!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin