Diterbitkan 28 Jul 2023

Peluang Petani Digital Menghasilkan Uang di Masa Depan berkat Literasi Digital dan Perkembangan Teknologi Pertanian

Tips / Tutorial
peluang petani digital

Dengan adanya literasi digital dan perkembangan teknologi pertanian, diharapkan sektor yang masih menggunakan cara konvensional mengubah cara kerjanya dengan menggunakan teknologi digital. Sektor pertanian termasuk salah satu sektor yang banyak menggunakan cara tradisional dalam pelaksanaan lapangannya dan menjadi salah satu sasaran literasi digital oleh pemerintah. Diharapkan dengan literasi digital ini akan melahirkan banyak petani digital. 

Dengan adanya penggunaan teknologi berbasis internet, Petani Digital Membantu Meningkatkan Efektivitas Kinerja Dunia Pertanian. Sangat mungkin melalui peluang petani digital akan menambah pendapatan dan kesejahteraan petani.

Peluang Petani digital dalam meningkatkan perekonomian

Teknologi informasi yang disediakan untuk petani digital bisa dimanfaatkan untuk petani tradisional maupun petani milenial. Petani digital mampu menghasilkan pendapatannya sendiri dengan memanfaatkan teknologi yang ada, seperti:

a. Menghasilkan banyak produk organik

Sekarang ini banyak orang yang sadar akan kesehatan, sehingga banyak yang beralih menggunakan produk organik yang bebas pestisida. Sayur dan buah organik memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan pestisida dan memiliki permintaan yang sangat banyak. Produk organik biasanya dikembangkan dengan teknologi pangan dan ilmu pengetahuan terkini. Akses digital membuat pengetahuan bisa dipelajari semua orang, termasuk petani senior dan milenial. 

b. Diversifikasi produk dan pasar

Petani digital yang memiliki akses internet akan lebih mudah melakukan riset tentang diversifikasi produk dan pasar. Bahkan dengan adanya statistik dari sosial media menjadi mempermudah petani digital untuk memasarkan produknya sesuai dengan kriteria konsumen, misalnya dilihat dari jenis kelamin, usia, daerah tinggal, dan sebagainya. Semua itu bisa dilakukan meskipun dari rumah.

c. Bisnis berkelanjutan

Informasi dari internet dapat digunakan untuk menghasilkan bisnis pertanian yang berkelanjutan. Petani digital dapat mempraktekkan pertanian organik, penggunaan energi terbarukan, dan cara mengelola limbah yang ramah lingkungan. Dengan adanya update ilmu pertanian dan informasi teknologi, petani digital bisa membuka bisnis pertanian berkelanjutan sekaligus mewujudkan ketahanan lingkungan berkelanjutan.

Banyaknya kemudahan yang diberikan dari internet, petani digital tetap perlu mewaspadai adanya kejahatan di dunia maya (cyber crime). Dengan tercapainya target Indonesia, tentunya banyak harapan kedepannya banyak petani tradisional beralih menjadi petani digital. Ikuti perkembangan tentang pertanian digital secara up to date setiap harinya melalui website Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin