Diterbitkan 26 Jul 2023

Pentingnya Digitalisasi dan Informasi Agribisnis bagi Petani

News
Digitalisasi dan Informasi Agribisnis

Istilah agribisnis sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Agribisnis adalah kegiatan yang memuat manufaktur dan distribusi dari sarana produksi pertanian, kegiatan yang dilakukan dalam usaha tani, serta penyimpanan, pengolahan, dan distribusi produk pertanian.

Keberhasilan dalam menjalankan agribisnis sangat dipengaruhi oleh keberadaan sejumlah komponen yang ada dalam sistem agribisnis tersebut dan sejumlah faktor lingkungan di sekitarnya. Pelaksanaan agribisnis dapat ditunjang dengan pemanfaatan digitalisasi informasi.

Digitalisasi dan informasi agribisnis

Digitalisasi informasi sangat penting diketahui bagi petani, karena hal ini bermanfaat untuk menambah literasi digital bagi petani. Penggunaan digitalisasi sebuah keharusan bahkan tuntutan zaman, apabila terlambat maka akan tertinggal. Penyebaran informasi yang sangat cepat dan presisi memudahkan mencari pasar, menyalurkan produk, dan mengetahui update terkini terkait pertanian.

Banyak sekali upaya yang dapat diterapkan terkait digitalisasi dan informasi agribisnis untuk awal usaha kekinian. Beberapa contoh usaha agribisnis adalah sebagai berikut.

a. Usaha hidroponik
b. Menjual benih dan bibit berkualitas
c. Budidaya tanaman hias
d. Jasa konten kreator pertanian

Usaha diatas dapat dilaksanakan dengan maksimal dengan dorongan digitalisasi dan informasi agribisnis. Pemanfaatan jejaring sosial media dan website dapat juga mempercepat bisnis pertanian yang kamu jalani.

Semoga setelah membaca artikel ini dapat membantu kamu yang masih ragu untuk membuka usaha di bidang agribisnis. Simak artikel seputar agribisnis lainnya – Ketahui 5 Sektor Agribisnis di Indonesia. Jangan lupa terus pantau dan ikuti semua informasi yang ada di Gokomodo ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin