Diterbitkan 27 Jun 2023

Perhatikan 3 Hal Ini untuk Memilih Ban Bekas Layak Pakai

Teknologi
ban bekas

Bagi sebagian orang, membeli barang bekas merupakan solusi saat kondisi keuangan sedang tidak stabil. Termasuk saat akan membeli ban mobil, kondisi bekas bukan menjadi masalah asalkan kondisinya masih layak pakai.

Untuk mendapatkan barang bekas yang masih layak pakai, tentunya kamu harus memahami betul kondisi barang yang dijual. Tak hanya kondisi luar saja yang dilihat, kamu juga wajib memperhatikan bagian dalam ban dengan penuh ketelitian.

Cara Memilih Ban Bekas Layak Pakai

Apabila saat ini kamu sedang mencari tips membeli ban bekas, simak tiga cara yang akan dibahas di bawah ini.

1. Perhatikan Ketebalan Kembangan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek ketebalan bagian kembangan. Dengan berpatokan pada Tread Wear indicator (TWI), lihat apakah ketebalan ban bekas lebih tinggi dari indikator TWI atau tidak.

Jika ketebalan tapak ban bekas lebih tinggi sekitar 3-4 mm dari indikator TWI, artinya ban tersebut masih layak pakai untuk beberapa tahun ke depan. Apabila ketebalan tapak ban sama dengan indikator TWI, artinya tapak ban sudah aus. 

2. Perhatikan Tanggal Produksi dan Kondisi Ban

Sebelum membeli ban bekas, usahakan juga untuk mengecek tahun produksinya. Pastikan kamu memilih ban dengan umur produksi di bawah lima tahun agar daya cengkramnya masih baik dan performa karetnya masih optimal untuk mengeliminir suara angin.

Sebenarnya bisa saja memilih ban yang diproduksi di atas lima tahun, namun seringkali di beberapa bagian tapak ban sudah ada retakan seperti rambut. Lebih lanjut, pastikan kondisi ban minim dari tambalan agar lebih aman ketika digunakan nantinya. 

3. Perhatikan Kondisi Bead Ban

Cara terakhir adalah memperhatikan kondisi bead ban. Pastikan kondisi bead di sekeliling ban tetap utuh, tanpa ada coak maupun tanda luka lainnya. Hal ini penting karena bead ban berada di punggung velg, sehingga jika ada coak, angin di dalam ban bisa merembes keluar.

Itu dia tiga cara untuk memilih ban bekas layak pakai yang bisa kamu ikuti. Pelajari juga Cara Merawat Ban Mobil yang Benar agar kondisi ban kendaraanmu tetap awet saat digunakan. Apabila kamu sedang mencari ban baru, dapatkan produk ban berkualitas impianmu hanya di Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.