Diterbitkan 10 Jan 2023

Peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Langkah Nyata Lestarikan Lingkungan

Event

Hari Gerakan Satu Juta Pohon atau Hari GSJP diperingati pada 10 Januari setiap tahunnya. Peringatan ini dimulai sejak masa pemerintahan Presiden Soeharto, tepatnya pada tahun 1993. Presiden Soeharto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam Gerakan Satu Juta Pohon, yakni gerakan menanam pohon sampai melampaui satu juta di setiap provinsi.

Gerakan Satu Juta Pohon merupakan salah satu upaya untuk melestarikan lingkungan. Hal ini karena pohon memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga menjaga keberadaan pohon adalah langkah terbaik yang harus dilakukan. Dengan adanya pohon, lingkungan yang sehat, sejuk, dan asri dapat terwujud dengan baik.  

Beberapa manfaat menanam pohon antara lain mendapatkan oksigen bersih untuk bernapas, membantu mengatasi masalah pemanasan global, membantu menjaga kestabilan iklim, mencegah bencana seperti banjir dan tanah longsor, hingga menjadi tempat tinggal dan sumber makanan bagi hewan dan manusia.

Sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar masing-masing, Gerakan Satu Juta Pohon tentu harus terus diperingati dan direalisasikan setiap tahunnya. Untuk mendukung gerakan ini, kamu bisa memulainya sendiri dengan menanam satu atau lebih pohon di halaman atau lahan kosong sekitar rumah. Kamu juga bisa mengajak teman, keluarga, atau tetangga sekitar untuk ikut serta dalam gerakan menanam pohon di rumah masing-masing. Dengan begitu, akan ada banyak sekali pohon yang tumbuh dan memberikan manfaatnya.

Selain menanam, jangan lupa merawat pohon-pohon tersebut agar dapat hidup dalam waktu yang lama, ya! Agar tumbuh kembang pohon yang kamu tanam bisa semakin optimal, kamu tentunya membutuhkan produk atau alat pendukung untuk merawatnya, Gokomodo siap melengkapi kebutuhanmu. Kunjungi website Gokomodo untuk informasi lebih lanjut.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.