Diterbitkan 10 Oct 2023

Pipa PVC, Solusi Terbaik Saluran Air untuk Rumah Tangga!

Teknologi
Pipa pvc

Pipa air merupakan salah satu elemen bangunan paling fungsional pada hunian. Penggunaan pipa air biasanya terbuat dari karet sintesis yang berfungsi sebagai alat penyaluran kebutuhan air bersih, limbah rumah tangga. Pipa air terdiri dari berbagai jenis dengan kegunaannya masing-masing, salah satunya yang paling sering dipakai adalah Pipa PVC.

Tipe ini biasanya berwarna putih terdiri dari dua varian pipa PVC, yaitu pipa AW dan pipa D. Selain itu ada juga jenis Pipa Air tipe O dan Pipa Air CPVC yang merupakan produk pengembangan PVC Sebelum menentukan membeli, sebagai bahan preventif, artikel ini akan membahas tentang masing-masing jenis pipa air beserta kegunaannya. Simak artikel ini selengkapnya! 

Sumber: PT Karindo Abadi Makmur

Apa itu Pipa PVC

Pipa PVC merupakan salah satu jenis pipa yang sangat populer, terbuat dari bahan dasar Polyvinyl Chloride dan tidak mengandung zat berbahaya. Jenis PVC bersifat keras dan kuat (tidak mudah pecah), namun tetap ringan sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama dalam kondisi yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

PVC termasuk produk yang ramah lingkungan dan dapat di daur ulang. Jenis pipa yang multifungsi ini dapat digunakan untuk pipa saluran udara, penyaluran air bersih, dan pembuangan limbah. Pipa PVC memiliki karakteristik antiapi dan licin membuat pipa jenis ini memiliki ketahanan yang baik. Pipa jenis inimampu menjaga aliran air agar bebas tersendat.

Kelemahannya dari bahan ini adalah sangat sulit untuk dilelehkan dibandingkan yang lainnya. karena faktor ketebalan dan bahan dari PVC itu sendiri. Pipa ini tidak dapat melebur dengan tanah dengan cepat karena bahan utama plastik, selain itu pipa PVC jika dilelehkan akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

source : pngtree

Jenis Piva PVC

  1. Pipa PVC Kelas AW, merupakan pipa yang dirancang dengan kekuatan tinggi sehingga sanggup menahan tekanan air. Pipa kelas AW cocok digunakan dalam pembuatan instalasi saluran air yang bertekanan tinggi. Biasanya pipa ini digunakan dalam pembuatan saluran penyediaan air skala rumah tangga, saluran air bawah tanah, serta instalasi saluran air kotor dan air bekas.
  2. Pipa PVC Kelas D, merupakan pipa yang dirancang secara khusus agar mampu menahan tekanan air dari dalam hingga mencapai 5 bar. Pada dasarnya, pipa kelas D lebih kuat daripada pipa kelas C serta lebih murah ketimbang pipa kelas AW. Pipa ini biasa digunakan untuk instalasi saluran pembuangan air rumah tangga dan saluran ventilasi udara.
  3. Pipa Air PVC-O, merupakan pengembangan dari bahan PVC yang diproduksi menggunakan metode bi-axial sehingga ikatan antar molekul bahan baku menjadi sangat kuat dengan material yang lebih tipis sehingga lebih efektif dalam menampung volume air. Pipa jenis PVC-O juga mempunyai tingkat keretakan yang tergolong rendah, lebih kuat dibandingkan jenis PVC biasa. Hal ini membuat pipa air PVC-O menjadi lebih ideal sebagai saluran air bersih, air limbah, dan saluran air hujan.
  4. Pipa Air CPVC, variasi lainnya adalah pipa air CPVC (Chlorinated Polyvinyl Chloride) merupakan pengembangan dari pipa PVC. Jenis pipa CPVC memiliki kelebihan pada kemampuannya yang tahan terhadap suhu lebih dari 180 derajat Celsius. 

Jenis Pipa Lain

Selain Pipa PVC, terdapat jenis Pipa lain diantaranya Pipa Air SDR-41, Pipa Air PEX, Pipa Air PP-R, Pipa Air HDPE. Masing-masing jenis pipa air tersebut memiliki karakter dan fungsi berbeda yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk dipasang di hunian. Paling penting untuk dapat diperhatikan oleh pengguna ialah pastikan kamu selalu menggunakan pipa air yang memiliki standarisasi khusus sehingga aman dan tahan lama. 

Nah, sudah paham kan definisi dari Pipa PVC dan jenis-jenisnya? Saatnya kamu menentukan pilihan produk terbaik, cek segera produk yang kamu cari dan produk lainnya di website Gokomodo Corporate Commerce. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain tentang teknologi lainnya seperti produk (kasih link alat pemotong rumput). Selamat membaca, semoga bermanfaat.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin