Diterbitkan 25 Sep 2023

Sebelum Membeli, Cek Terlebih Dahulu Genset 5,000 watt

Teknologi
genset 5000 watt

Genset (singkatan dari bahasa Inggris: generator set) merupakan suatu alat mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator), dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan. Genset dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan besaran tertentu. Mesin pembangkit pada genset biasa disebut motor. Terdapat dua jenis motor, yaitu motor bensin dan motor diesel (solar). 

Genset biasanya dimanfaatkan di wilayah atau ruangan yang tidak dialiri listrik seperti kawasan pelosok desa dan area pertambangan. Akan tetapi, genset juga dimanfaatkan di tempat yang menggunakan listrik tanpa henti seperti supermarket, klinik, hingga rumah sakit. Sebelum membeli genset, perlu diketahui tentang kapasitas genset, yuk baca artikel berikut Kapasitas Genset dan Perbedaannya.

Jenis-jenis Genset Berdasarkan Bahan Bakarnya

Tidak hanya digerakan dengan bantuan bahan bakar solar maupun bensin, genset juga bisa digerakan dengan bantuan beberapa energi lainnya. Berikut jenis-jenis genset yang perlu diketahui.

  1. Genset Bahan Bakar Bensin: biasanya digunakan untuk keperluan kantor sederhana dan rumah tangga, berbentuk portable sehingga mudah dibawa-bawa.
  2. Genset Bahan Bakar Diesel:  salah satu kelebihanya adalah mudah perawatannya.
  3. Genset Turbin: digerakan dengan berbagai sumber daya, seperti air, angin, uap, dan lain-lain.
  4. Genset Tenaga Surya: menggunakan energi sinar matahari, dan menjadi salah satu energi yang ramah lingkungan.
  5. Genset Bahan Bakar Gas: menggunakan LPG (Liquefied Petroleum Gas), dan CNG (Compressed Natural Gas).

Perbedaan Kapasitas Genset

Pemilihan genset dapat disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan kapasitas yang tersedia beserta kegunaan genset. Kapasitas besaran mesin genset dapat dilihat dari kVA dan kW. kVA merupakan kapasitas semu ditambah daya aktif power dari generator yang digunakan. Sedangkan besaran kW disebut dengan nilai daya nyata, yang berasal dari konversi energi daya, atau kemampuan mesin ketika beroperasi. Untuk 1 kW = 1.000 Watt.

Penggunaan genset rumah tangga atau perkantoran kecil dapat memilih Watt sebagai acuan, umumnya membutuhkan 1.000 kVA sampai 10.000 kVA. Sedangkan keperluan energi listrik pada industri, dapat menggunakan lebih besar dari 10.000 kVA. 

Cara Merawat Genset 5000 Watt

1. Pastikan Bahwa Genset Dapat Dioperasikan Dengan Tepat

Pada saat sebelum pengoperasian genset dilakukan ada baiknya untuk membaca buku panduan atau pedoman terlebih dahulu. Supaya genset dapat untuk dioperasikan dengan tepat sehingga menghindari terjadinya kesalahan yang bisa berakibat fatal.

2. Memanaskan Genset Secara Bertahap

Generator set memang harus dipanaskan secara bertahap supaya bisa tampil prima pada saat dioperasikan. Caranya bisa dengan menyalakan generator set yaitu sekitar 5 sampai 10 menit.

3. Periksa Kondisi Bahan Bakar

Hal yang perlu dilakukan yaitu memeriksa tempat peletakan dari genset dan harus juga menggunakan filter ataupun sirkulasi udara yang sangat baik.

4. Menyediakan Sirkulasi Udara yang Sangat Baik

Tempat peletakan dari suatu genset juga harus adanya sirkulasi udara yang sangat baik. Sebab genset juga menghasilkan suatu gas pembuangan. Apabila sirkulasi dari ruangan tersebut tidak baik, maka gas itu akan sangat berbahaya untuk kesehatan manusia.

5. Ganti Sparepart dari Genset

Hal yang harus dilakukan yaitu harus mengganti sparepart dari genset. Apabila sudah dalam keadaan yang lama ataupun aus.

6. Menjaga Kebersihan dari Genset

Kebersihan dari genset juga harus tetap terjaga yaitu bisa dengan membersihkan kotoran-kotoran yang memang sudah menempel yaitu seperti minyak, debu, dan lainnya.

Rekomendasi Genset 5000 Watt

a. Honda Inverter EU 65is

Honda adalah salah satu merk genset yang bisa dijadikan pilihan. Genset Inverter EU 65is berdaya 5000 watt, ilengkapi dengan berbagai teknologi terbaik. Sistem Eco-Throttle  genset ini membuat bahan bakar menjadi lebih efisien dan tidak mengeluarkan suara  berisik.

b. Genset General

Genset General juga sering diincar untuk pemakaian rumah tangga hingga UKM. Kapasitas yang disediakan mulai 600 Watt hingga 6.000 Watt.

c. Genset Mitsubishi

Genset Mitsubishi memiliki kemampuan mulai dari 10 kVA hingga 2.000 kVA. Biasa digunakan pabrik atau perusahaan yang cukup besar.

d. Genset Hargen

Genset Hargen terbaik asal Indonesia, berkapasitas mulai dari yang kecil 1.100 watt (untuk rumah tangga), hingga kapasitas 8 kVA hingga 2.000kVA. 

e. Tsuzumi Genset Inverter TIG 5000 iSE Super Silent

Tsuzumi Genset Inverter TIG 5000 iSE Super Silent merupakan generator set pabrikan Jepang yang noise level 63 dB/7 m tidak menimbulkan bising, memiliki kapasitas tank 10 L dan dapat menyala hingga 5 jam tanpa henti di pemakaian rata-rata.

f. Genset silent Honda 5000 Watt Excell SF 7000 dxs

Genset silent Honda 5000 Watt Excell SF 7000 dxs mampu memproduksi listrik dengan tegangan 230 volt dan arus 26 ampere dan dapat dinyalakan baik dengan sistem recoil atau pun electric starter. 

g. Genset silent 5000 Watt Hyundai HDG6500DSL

Genset silent 5000 Watt Hyundai HDG6500DSL dioperasikan dengan bahan bakar solar mampu memproduksi output listrik 1 fasa berdaya 5KV dengan tegangan 220 Volt.

h. Genset Silent Firman 5000 Watt FDG 7800 SE2

Genset Silent Firman 5000 Watt FDG 7800 SE2 mampu mengeluarkan output berdaya maksimum 5500 watt dengan tegangan 220 volt, dan memiliki tingkat kebisingan relatif rendah yaitu 85 dB.

Setelah mengetahui informasi diatas, agar bisa mendapatkan produk genset yang sesuai dengan harga terbaik. Informasi lebih lanjut, kunjungi website Gokomodo sekarang, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin