Diterbitkan 27 Mar 2023

Sederet Manfaat Buah Kokoa Bagi Kesehatan Tubuh

Agri Edu
Manfaat kakao

Kakao sudah tidak asing lagi bagi manusia dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Daging Kakao menjadi bahan pokok pembuatan cokelat yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Ketahui juga Cara Membuat Coklat dari Biji Kakao dengan Peralatan Sederhana di Rumah.

Tidak hanya rasanya yang enak, kakao juga menyimpan banyak manfaat untuk tubuh manusia. Secara umum, kakao mengandung antioksidan, mineral, dan tinggi vitamin. Inilah manfaat tersembunyi kokoa yang harus kamu tahu.

Membantu menurunkan tekanan darah

Kandungan nitrogen oksida pada kokoa dapat menurunkan tekanan darah. Nitrogen oksida dapat merangsang pelebaran pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir dengan lancar. Nitrogen oksida dalam kokoa akan bekerja optimal apabila dikonsumsi rutin selama 2-8 minggu berturut-turut.

Memelihara otak

Peredaran darah yang lancar memiliki dampak signifikan pada kerja otak. Kakao membantu mengurangi dampak kerusakan sel otak akibat pertambahan usia. Kandungan flavonoid pada kokoa juga memperlambat proses penurunan daya ingat pada orang lanjut usia. 

Merawat kulit

Antioksidan dan antiradang yang terkandung dalam kokoa membantu melancarkan aliran darah ke kulit sehingga nutrisi untuk kulit bisa tersalurkan dengan baik. Pemenuhan nutrisi kulit dapat memperlambat kerusakan jaringan kulit dan memperlambat penuaan. 

Menekan resiko diabetes

Tidak hanya memelihara kesehatan otak, flavonoid pada kokoa juga membantu menurunkan resiko diabetes tipe 2. Perlu diingat manfaat ini akan bisa dirasakan apabila mengonsumsi kakao tanpa tambahan gula dan perasa lainnya. 

Memperbaiki suasana hati

Kandungan theobromine dan kafein berperan sebagai pengatur suasana hati menjadi lebih positif dan lebih waspada. Di sisi lain zat phenethylamine membantu untuk meningkatkan produksi endorfin sebagai penangkal stres dan perasaan murung.

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi kakao tetap harus diperhatikan jumlahnya khususnya jika kamu memiliki kondisi medis tertentu. Simak terus website Gokomodo untuk artikel edukasi menarik setiap harinya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.