Diterbitkan 5 Jul 2023

Simak Bahaya Mengganti Ban Motor Ukuran Besar

Teknologi
ban motor ukuran besar

Modifikasi ban motor kesayangan bagi sebagian orang adalah hobi. Alasannya beragam, mulai dari menginginkan cengkeraman ke aspal lebih mantap sampai dengan tampilan baru. Memang, semua itu bisa dicapai dengan mengganti ban motor. Hanya saja kamu tetap harus sesuaikan dengan keselamatan dalam berkendara.

Modifikasi motor yang sering terjadi adalah mengganti dengan ukuran yang lebih besar. Mengganti ban motor berukuran besar merupakan hal yang berbahaya karena bukan dikhususkan untuk tipe motor di jalan. Bagaimana detailnya? Yuk intip informasi selengkapnya di sini!

Bahaya ganti ban motor ukuran besar

1. Komponen rantai jadi cepat aus

Bahaya pertama dari ganti ukuran ban motor lebih besar adalah berakibat pada komponen van belt dan rantai menjadi cepat aus. Hal tersebut terjadi karena pada kondisi motor yang bergerak, perputaran ban pada kendaraan akan menjadi lebih berat. Kondisi tersebut membuat komponen rantai bekerja lebih keras sehingga berpotensi menjadi lebih cepat aus.

2. Tarikan menjadi berat

Kendaraan yang menggunakan ban ukuran lebih besar dari ukuran aslinya, akan berdampak pada tarikan menjadi lebih berat. Kondisi tersebut terjadi karena ban motor yang lebih besar akan menambah beban motor sehingga membuat mesin mengeluarkan tenaga lebih dan ekstra.

3. Bensin lebih boros

Mengganti ukuran ban motor lebih besar akan berdampak bahan bakar atau bensin menjadi lebih boros. Ukuran ban yang menjadi lebih besar akan membuat tenaga yang dikeluarkan juga semakin besar.

4. Sulit bermanuver

Dampak berikutnya dari ganti ukuran ban lebih besar adalah manuver motor berkurang. Motor yang memiliki ukuran lebih besar akan menjadikannya lebih sulit bermanuver serta membuat motor sulit dikendalikan.

Itulah bahaya yang kamu dapatkan apabila mengganti ban dengan ukuran yang tidak sesuai. Bijaklah memilih modifikasi yang sesuai dengan keamanan. Kamu bisa lebih mengenal baik tentang ban di artikel salah satu ini: Apa Saja Macam-macam Jenis Ban? Kenalan Yuk! Apabila kamu tertarik seputar Gokomodo? Bisa kunjungi website kami ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin