Diterbitkan 10 Jul 2023

Simak Jenis Digitalisasi Bisnis Yang Ada di Indonesia

Teknologi
digitalisasi bisnis

Digitalisasi adalah istilah umum untuk transformasi digital masyarakat dan ekonomi. Ini menggambarkan transisi dari era industri yang dicirikan oleh perubahan teknologi analog ke era pengetahuan dan kreativitas. Dicirikan oleh teknologi digital dan inovasi bisnis digital.

Ada banyak contoh digitalisasi yang bisa kita lihat saat ini. Proses ini tidak hanya sekedar menggunakan internet untuk bisnis saja, namun ada banyak aspek yang harus ditransformasi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai digitalisasi dan juga contohnya.

Digitalisasi bisnis

a. Layanan Musik

Inovasi digital dibuat berdasarkan teknologi digital baru. Berbagai inovasi di satu sisi didorong oleh perusahaan besar dan di sisi lain oleh perusahaan startup dan modal ventura. Industri musik dan media adalah yang pertama merasakan efek digitalisasi.  

b. Layanan Streaming

Selain musik, industri perfilman juga menawarkan layanan entertainment yang menjadi solusi bagi masyarakat yang selama ini harus kebioskop untuk menonton film-film terbaru. Layanan streaming film memungkinkan masyarakat mengakses film lewat internet dengan menggunakan gadget.

c. Memesan via aplikasi

Berbeda dengan dulu, untuk berbelanja kita harus datang ke pusat perbelanjaan seperti mall, sekarang Anda hanya perlu memesan melalui aplikasi di smartphone. Tidak hanya memesan barang, pergi ke suatu tempat pun menjadi lebih mudah dengan transformasi digital. Hal ini tentu dapat meningkatkan efisiensi dan menghemat pengeluaran.

d. Digitalisasi pemasaran

Sekarang para pebisnis dapat menerapkan berbagai layanan iklan digital (digital marketing) untuk memajukan dan meningkatkan daya saing bisnisnya. Media sosial seperti Google Ads, Facebook dan Instagram Ads, Youtube, Tiktok, hingga SEO merupakan beberapa contoh teknik yang dapat diterapkan.

e. Digitalisasi dokumen

Contoh digitalisasi yang terakhir yaitu digitalisasi dokumen yang mengubah dokumen ke ke dalam bentuk digital. Ada beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk menerapkan digitalisasi dokumen seperti LiteDMS.

Nah itulah berbagai macam digitalisasi bisnis yang ada sekarang ini. Semoga kedepannya digitalisasi bisa mencakup seluruh aspek kehidupan, ya. Simak artikel lainnya di website Gokomodo, seperti artikel satu ini – Tidak Harus Beli Baru, Simak Tips Beli Genset Bekas Berikut.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.